Membangun Wilayah Pinggiran Pekanbaru

0
106

Selasa (1/12), bertempat di lantai 5 Gedung Rektorat UIN Suska, Wali Kota, Firdaus, menjadi pembicara dalam talkshow Daerah “konsep Wali Kota Pekanbaru dalam membangun wilayah pinggiran”.

Dijelaskan oleh Wali Kota bahwa dalam pembangunan visi Wali Kota 2012-2017, yaitu terwujudnya Pekanbaru sebagai Kota Metropolitan yang Madani.

Diakui oleh Wali Kota, bahwa Kota Pekanbaru memang tidak memiliki SDA melimpah. Akan tetapi terdapat SDM yang dinilai unggul.

Terdapat beberapa modal dalam pembangunan kota Metropolitan yang Madani, seperti yang disebutkan oleh Firdaus, yaitu:

  1. SDM yang dinilai unggul
  2. Luas wilayah yang masih belum banyak digarap
  3. Letak wilayah yang strategis

Untuk konsep pembangunan kota sendiri, oleh Wali Kota ada konsep Block dan Super Block. Serta tak lupa pula pemerataan pembangunan.

Kemudian untuk memenuhi infrastruktur yang mendasar seperti di darat dengan pembangunan jalan tol, sedangkan di air dengan menyediakan bus air.

Pembangunan Smart City/Modern Pekanbaru dilakukan dengan 6 Smart Government, yakni, Type, Ekonomi, Intern, Mobilitas, Leader dan waktu.

Dalam memenuhi pembangunannya, kemudian dijalinlah hubungan dengan daerah sekitar. Sehingga terbentuklah Pekansikawan (Pekanbaru, Siak, Kampar, dan Pelalawan).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.