Mei, Pekanbaru Bebas Pemadaman Listrik?
Breaking News
Home » Berita » Berita Pekanbaru » Mei, Pekanbaru Bebas Pemadaman Listrik?

Mei, Pekanbaru Bebas Pemadaman Listrik?


Awal Mei 2016 mendatang, PT PLN (Persero) menargetkan bahwa tidak akan ada lagi pemadaman listrik di Riau, terutama di Kota Pekanbaru.

Pernyataan ini sendiri disampaikan oleh Manager Bidang SDM dan Umum PT PLN (Persero) Wilayah Riau-Kepri, Dwi Suryo Abdullah, Ahad (25/4).

Dikatakan oleh Dwi Suryo Abdullah bahwa pihaknya memang menargetkan tidak akan ada pemadaman listrik bergilir lagi pada awal Mei mendatang.

Hal tersebut, katanya, dikarenakan perbaikan pembangkit yang sedang mengalami gangguan akan selesai pada bulan Mei mendatang. Tentunya, ia berharap tidak ada lagi pemadaman listrik bergilir.

Secara grade di sistem Sumatera, kapasitasnya telah tercukupi. Ia menjelaskan bahwa beban puncak sekitar 5900 dengan kapasitas 6300 tersebut telah cukup.

Namun menurutnya, ketika ada beberapa mesin ataupun pembangkit yang mengalami penurunan beban atau sedang maintenance, maka akan terjadi pengurangan tentunya di sistem Sumatera.

Di sela-sela kunjungan ke PLTU Tenayan Raya, ia menerima laporan bahwa pembangunan PLTU Tenayan Raya telah mencapai 95 persen.

Khusus untuk unit 1 sendiri telah memasuki tahap steam blow, yaitu pembersihan pipa. Pada pertengahan Mei mendatang, unit 1 PLTU juga telah memasuki tahap sinkron dan telah mampu menghasilkan energi listrik.

Dari hasil listrik tersebut akan ditransmisikan melalui sistem 150 kV ke grade Teluk Lembu untuk kemudian ditransmisikan lagi 150 kV ke sistem Sumatera.

Dikatakannya, jika 1 unit PLTU Tenayan Raya telah beroperasi, maka akan bisa menambah kapasitas dalam grade 150 kV sistem Sumatera.

Terlebih lagi, ujarnya, selama beberapa minggu terakhir ini grade-nya mengalami defisit 80-100 MW karena ada mesin pembangkit mengalami gangguan. Ia berharap hal ini mampu memperkuatnya.

About Said Zaki

hanya orang waras yang ngaku gila, karena tidak ada orang gila yang ngaku gila. yang ada orang gila ngaku waras, makanya jika ada orang ngaku waras, maka ia sudah gila