Breaking News
Home » Berita » #Nasional Mau Masuk UGM? Jajal 3 Jalur Masuk Ini

#Nasional Mau Masuk UGM? Jajal 3 Jalur Masuk Ini


Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) favorit di Indonesia. Sehingga tidak mengherankan jika para calon mahasiswa menempatkan universitas asal Yogyakarta itu dalam daftar teratas mereka.

Layaknya setiap PTN, UGM pun menyediakan tiga jalur penerimaan mahasiswa baru pada tahun ini. Apa saja jalur penerimaan tersebut? Pertama, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Mengingat tingginya persaingan dalam SNMPTN, Direktur Akademik UGM Sri Peni Wastutiningsih mengimbau agar para peserta tidak berkecil hati ketika dinyatakan tidak lolos. Menurut Peni, para calon mahasiswa yang tetap ingin masuk UGM dapat menjajal jalur lainnya, yakni Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

“Calon mahasiswa dapat mencoba melalui SBMPTN dan Seleksi Mandiri. Di jalur SBMPTN, UGM akan menerima 1.997 kursi dan pada jalur Seleksi Mandiri menerima 1.331 kursi,” ujar Peni, seperti dinukil dari laman UGM, Senin (20/5/2013).

Dia menambahkan, pendaftaran SBMPTN telah dimulai sejak 13 Mei 2013 dan akan berakhir pada 7 Juni mendatang. Untuk pelaksanaan ujian tertulis akan dilaksanakan pada 18-19 Juni 2013 dan hasil seleksi akan diumumkan pada 12 Juli 2013.

“Sementara untuk Seleksi Mandiri UGM program Sarjana pada tahun ini dibagi menjadi dua jalur, yaitu dengan Penelusuran Bibit Unggul (PBU) dan Ujian Tulis (Utul). Jalur PBU meliputi PBU Tidak Mampu, PBU Berprestasi, PBU Olahraga dan Seni, serta PBU Kemitraan (PBUK),” paparnya.

Untuk pendaftaran Seleksi Mandiri jalur Utul akan berlangsung pada 20 Mei-1 Juli 2013. Ujian akan diselenggarakan pada 7 Juli 2013 di empat kota, yaitu Yogyakarta, Jakarta, Pekanbaru, dan Balikpapan. Hasil seleksi mandiri jalur Utul, lanjutnya, akan diumumkan pada 31 Juli mendatang.

“Lulusan SMA/SMK/MA/MAK dalam dan luar negeri angkatan 2013, 2012, dan 2011 atau lulusan ujian persamaan atau yang setara lainnya angkatan 2013, 2012, dan 2011 dapat mengikuti jalur Utul. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman http://um.ugm.ac.id,” ungkap Peni. (Okezone News)


About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *