Manfaat Pisang untuk Tubuh - InfoPKU
Home » Kesehatan » Manfaat Pisang untuk Tubuh

Manfaat Pisang untuk Tubuh


Pisang merupakan buah kaya nutrisi yang terkandung di dalamnya, dengan banyaknya kandungan tersebut banyak pula manfaat pisang yang dapat diperoleh tubuh. Pisang, buah berwarna kuning ini kaya akan nutrisi seperti karbohidrat, protein, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serat, kalium, dan magnesium.

Buah pisang memiliki rasa yang enak dan juga mengenyangkan. Selain harganya murah, pisang juga mudah ditemukan di pasar, swalayan dan toko buah. Apa saja manfaat pisang bagi kesahatan tubuh?

Berikut ini adalah manfaat pisang bagi kesehatan tubuh Encik dan Puan:

  • Pisang dapat menjadi sumber energi yang baik saat beraktivitas fisik atau olahraga.
  • Membantu otot-otot bergerak dengan baik.
  • Membantu mengatur denyut jantung, tekanan darah, dan menjaga kesehatan jantung. Selain itu pisang juga dapat membantu mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke.
  • Menangkal efek kerusakan sel dan jaringan tubuh, hal ini berkaitan dengan kandungan antioksidan pada pisang.
  • Meringankan tugas pembersihan darah oleh ginjal.
  • Apabila sedang sakit perut, cobalah atasi dengan mengonsumsi pisang karena salah satu manfaatnya dapat membantu meredakan masalah pencernaan. Karena mengandung serat dan berbagai nutrisi ini, pisang sangat baik untuk kesehatan pencernaan.
  • Cocok sebagai pelengkap program diet. Pisang adalah buah yang mengandung serat. Makanan berserat bisa memperlambat proses pencernaan. Hasilnya, Encik dan Puan akan merasa kenyang lebih lama serta membuat Encik dan Puan dapat makan lebih sedikit.
  • Mengatasi konstipasi. Berlaku khusus untuk konsumsi pisang yang sudah matang. Tapi hati-hati karena efeknya akan berbalik jika Encik dan Puan mengonsumsi pisang yang masih hijau alias belum matang.
  • Pisang yang belum matang merupakan sumber sari pati resisten, yaitu makanan bagi bakteri baik yang ada di usus besar. Dengan demikian akan meningkatkan sistem pencernaan sekaligus menjaga kesehatan saluran pencernaan Encik dan Puan.

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan, pola makan tinggi sayur dan buah, termasuk pisang, dapat mengurangi risiko kanker usus besar. Hal ini diduga terkait dengan kandungan serat dan antioksidan pada pisang.

Untuk mendapatkan deretan manfaat pisang yang telah disebutkan di atas, harus diimbangi juga dengan pola hidup yang sehat dan mengonsumsi pisang dengan cara yang bijak. Jangan terlalu banyak, makanlah sebelum kenyang.

About julia

julia