Mampukah Gubri & Wagubri Hidupkan Pustaka Soeman Hs? - InfoPKU
Breaking News
Home » Opini » Mampukah Gubri & Wagubri Hidupkan Pustaka Soeman Hs?

Mampukah Gubri & Wagubri Hidupkan Pustaka Soeman Hs?


Siapa yang tidak kenal dengan Pustaka Soeman Hs? Perpustakaan yang terletak di tengah kota Pekanbaru ini merupakan perpustakaan yang dulunya selalu ramai dikunjungi, baik mahasiswa dan pelajar maupun masyarakat umum.

Namun kini jumlah pengunjungnya jauh berkurang ketimbang saat pertama kali diresmikan pada tahun 2008 yang lalu. Mungkin ada pengaruh dari jam operasionalnya.

Pustaka Soeman Hs yang merupakan kebanggan Riau ini pada awalnya buka hingga pukul 19.00 WIB. Namun, belakangan layanan perpustakaan ini, terus menurunkan intensitas layanananya.

Perpustakaan 6 lantai ini dibangun dengan menggunakan dana APBD Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dalam gerakan pendidikan Riau Membaca, karena pada saat itu Riau belum memiliki gedung perpustakaan daerah yang representatif.

Tanggal 20 Februari Gubernur Riau 2019-2024 terpilih resmi dilantik oleh Presiden Indonesia Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta. Meski banyak hal yang harus dikerjakan oleh pasangan Gubernur dan Wakil Riau Gubernur Syamsuar-Eddy Natar, sedikit keprihatinan mengenai minat baca di Provinsi Riau.

Memiliki sebuah icon perpusatakan Kota Pekanbaru dengan kemegahan yang mengundang kekaguman. Dalam sebuh kesempatan Professor Deddy Mulyana menyebutkan, “Jika ingin melihat kualitas pendidikan lihat bagaimana kehidupan perpustakaannya,” ungkap professor Ilmu Komunikasi.

Mahasiswa yang membutuhkan banyak referensi dalam menyeselesaikan tugas akhirnya atau skripsi dan lainnya tentu membutuhkan lebih banyak waktu diperpustakaan dengan ribuan jumlah koleksi buku tersebut.

Mampukah, Gubernur dan Wakil Gubernur Riau terpilih, Syamsuar dan Eddy Natar, menghidupkan kembali Pustaka Soeman Hs yang design-nya menjadi terbaik se Asia Tenggara?

Mampukah Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Terpilih Syamsuar dan Eddy Natar, menjadikan Pustaka Soeman Hs sebagai icon yang tidak hanya bagus dalam design namun juga bagus dalam meningkatkan minat baca?

Mampukah Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Terpilih Syamsuar dan Eddy Natar menciptakan Pustaka Soeman Hs sebagai tempat nongkrong favorit anak muda Riau?

About Dina Sajida