Kuota CPNS 2016 Tunggu Kajian

6

Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemen PAN-RB) berencana akan membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada tahun 2016.

Diproyeksikan kuota CPNS tahun ini sebanyak 71.437 orang. Meski demikian, diungkapkan oleh Kepala Biro Hukum dan Kebijakan Informasi Publik Kemen PAN-RB, Herman Suryatman bahwa kuota tersebut masih bersifat proyeksi.

Ditambahkannya lagi bahwa soal pembagian kuota formasi per kementerian dan lembaga di pusat hingga daerah di setiap provinsi.

Data jumlah kuota formasi PNS 2016 itu, menurutnya merupakan hasil dari analisis Kedeputian SDM yang berdasarkan analisis jabatan dan beban kerja yang disampaikan masing-masing instansi. Ia juga menjelaskan bahwa data tersebut masih harus dikaji kembali.

Sejumlah daerah di provinsi Riau sendiri sudah mengajukan usulan ke pemerintah pusat. Hanya Kabupaten Kepulauan Meranti dan Kabupaten Kampar saja yang memastikan tidak akan melakukan perekrutan pada tahun ini.

Pemprov Riau sendiri mengusulkan penerimaan CPNS tahun ini sekitar 2.000 formasi, dengan tenaga medis serta guru masih merupakan formasi yang mendominasi. Sebanyak 1.200-an diantaranya bahkan sudah disampaikan ke pemerintah pusat.

Hanya saja mengenai penerimaan, tetap saja harus menunggu keputusan dari pemerintah pusat. Demikian yang diungkapkan oleh Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKP2D) Provinsi Riau, Asrizal.

Sementara Kabupaten Rokan Hulu melalui BKD Rokan Hulu menyatakan kesiapannya merekrut CPNS tahun ini. Pasalnya, Rohul kekurangan 6.539 orang PNS yang masih didominasi oleh tenaga guru, tenaga kesehatan dan teknis lainnya.

Pemkab Indragiri Hilir mengusulkan 4.156 formasi, yang mana formasi guru menjadi usulan terbesar dengan jumlah 2.138 dan disusul formasi medis sebanyak 443, kemudian sisanya formasi teknis dan administrasi.

Kabupaten Bengkalis turut mengusulkan permintaan formasi sebanyak 4.900 orang. Hal ini diungkapkan oleh Kepala BKD Bengkalis melalui Kabid Pengadaan dan Pengembangan Nur Kamarzaman.

Lain halnya dengan BKD Siak yang mengaku belum menerima secara resmi adanya informasi penerimaan CPNS. Jika memang ada, BKD Siak memilih untuk menunggu saja.

Kepala BKD Siak Lukman Sos MPd mengatakan bahwa jika dilaksanakan, pihaknya mengusulkan sekitar 6.000 orang sesuai dengan jumlah kekurangan tenaga PNS di Siak.

Pemkab Kuansing sendiri turut menyambut baik adanya penerimaan untuk tahun ini, di mana daerah ini mengusulkan sebanyak 1.000 formasi untuk tenaga pengajar, kesehatan maupun pelamar umum.

Sedangkan Kota Pekanbaru dan Kabupaten Indragiri Hulu masih menunggu petunjuk dan ketentuan dari pemerintah pusat mengenai perekrutan untuk tahun ini.