KOTAKU, KOTAMU DAN KOTA KITA BERTUAH

9
Mesjid dan Bundaran dari skyscrapercity

Sebagai dari kita mungkin pernah mendengar Kalimat dan mengerti akan Kalimat ini “KOTAKU, KOTAMU DAN KOTA KITA BERTUAH”, Slogan dari kota Pekanbaru kita tercinta.

Namun, kata “BERTUAH” pada slogan Kota Pekanbaru ini tidak dimaksudkan memiliki makna seperti di Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ) yang berarti :

ber.tu.ah
Verba (kata kerja)
(1) mempunyai tuah;
(2) sakti; keramat; mendatangkan untung (keselamatan dan sebagainya) : keris bertuah , keris sakti;
(3) kena tuah (kesaktian) orang; terpesona

 

“BERTUAH” pada slogan Kota Pekanbaru merupakan kependekan dari “BERSIH, TERTIB, USAHA BERSAMA, AMAN, dan HARMONIS”

      • BERSIH

Bersih lahir, jiwa, rumahtangga, lingkungan pasar, pendidikan, tempat hiburan/rekreasi, jalur hijau dan pusat kesehatan.

      • TERTIB

Tertib pribadi, keluarga, lingkungan pekerjaan, beribadat, lalu lintas sehingga terwujud warga yang selalu menjunjung tinggi norma kaidah dan peraturan yang berlaku.

      • USAHA BERSAMA

Keterlibatan kebersamaan dari pemerintah, orpol, ormas, generasi muda, alim ulama, cerdik cendekiawan, seniman dan seluruh lapisan masyarakat dalam berfikir dan berusaha guna mewujudkan pembangunan untuk kesejahteraan rakyat.

      • AMAN

Rasa tentram setiap pribadi, keluarga, lingkungan masyarakat dan kotanya dari gangguan ancaman dan hambatan dalam berfikir dan berusaha guna menjalankan ibadah dan melaksanakan pembangunan.

      • HARMONIS

Serasi, seiya sekata, senasib, sepenanggungan saling hormat menghormati.

      Setukul bagai palu
      Seciap bagai ayam
      Sedencing bagai besi
      Yang tua dihormati
      Yang muda dikasihi
      Yang cerdik pandai dihargai
      Yang memerintah ditaati.

 

 

Slogan Bagus yang kita harapkan selalu menjadi identitas kita dengan kerjasama Masyarakat dan Pemerintah dalam terus menjaga hal-hal tersebut.