Home » Kesehatan » Konsumsi 7 Makanan Ini Untuk Kesehatan Mata
sayuran hijau

Konsumsi 7 Makanan Ini Untuk Kesehatan Mata


Mata anda sering lelah? Sebagai salah satu indera manusia yang paling penting, kesehatan mata tentunya harus selalu dijaga.

Konsumsilah makanan kaya nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, protein, dan asam lemak omega-3 yang terdapat pada makanan berikut ini yang perlu dikonsumsi untuk dapat menjaga kesehatan mata:

Wortel

Mengandung vitamin A dan beta karoten yang berguna untuk penglihatan, serta kaya akan serat dan rendah kalori serta bebas lemak, wortel sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari.

Vitamin A sangat diperlukan mata agar kornea dapat berfungsi dengan normal. Selain itu, Vitamin A juga akan membentuk rhodopsin, yakni suatu protein yang akan menyerap cahaya di retina.

Jeruk

jeruk-mandarin
Jeruk mengandung vitamin C, kalsium, dan serat yang tinggi. Selain itu, jeruk juga dipercaya sebagai salah satu makanan yang bisa menjaga kesehatan mata.

Karena vitamin C juga berfungsi sebagai anti oksidan yang diperlukan tubuh untuk melancarkan peredaran darah, termasuk juga mengalirkan darah di area mata.

Strawberry

Seperti halnya dengan jeruk, strawberry juga mengandung vitamin C yang dapat mengatasi masalah penglihatan, terlebih lagi yang disebabkan oleh faktor usia.

Strawberry ini juga kaya akan folat dan serat sehingga dapat menjaga aliran darah.

Beberapa anti oksidan seperti vitamin C dan flavonoid yang terdapat pada strawberry dapat menangkal perkembangan yang berhubungan dengan penyakit mata terkait usia seperti katarak dan degenerasi makula.

Tiram

tiram
Tiram merupakan makanan laut sejenis kerang yang diklaim bermanfaat untuk penglihatan karena kandungan zinc (seng) yang sangat tinggi.

Zinc dapat membantu produksi melanin dalam tubuh, serta pigmen yang membantu melindungi mata dari efek berbahaya seperti sinar ultraviolet.

Kekurangan zinc akan berpengaruh terhadap kemampuan mata beradaptasi di tempat yang gelap, seringkalinya terjadi pada rabun jauh.

Meski baik untuk mata, sebaiknya hindari untuk mengonsumsi tiram mentah yang mungkin terkontaminasi dengan bakteri.

Bayam

sayur bayam
Vitamin A memang sangat dibutuhkan bagi kesehatan mata. Pada bayam, sayuran ini mengandung lutein yang berhubungan dengan vitamin A.

Bayam juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang dapat menjadi tabir surya alami untuk mata, serta dapat menyerap 40-90 persen sinar biru yang berbahaya.

Walnut

walnut
Selain vitamin A, mata ternyata juga memerlukan vitamin E. Walnut sendiri memiliki kandungan vitamin E, zinc, vitamin B kompleks, serta bioflavonoid yang dapat membantu melindungi retina mata, serta dapat menurunkan risiko degenerasi makula dan katarak.

Salmon

salmon
Karena mengandung asam lemak omega-3 dalam jumlah besar, maka mengonsumsi salmon sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan penglihatan yang normal.

Asam lemak omega-3 dapat membantu melindungi terhadap iritasi mata, mata kering, degenerasi makula dan bahkan katarak.


About Monalisa Dewa Ayu

Announcer & MC ||mdewaayu@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *