Klasifikasi SIM C Masih Wacana

6
launching SIM OL_1056
Launching SIM Online beberapa waktu yang lalu

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Condro Kirono, Senin (11/1), mengklarifikasi terkait klasifikasi SIM C yang menyatakan bahwa akan terbagi menjadi 3 jenis.

Sebelumnya Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Risyapudin Nursin, Ahad (9/1) lalu menyampaikan bahwa mulai Mei mendatang akan diberlakukan 3 jenis SIM C.

Condro pun membantah penggolongan penggunaan SIM C telah diberlakukan. Ia mengatakan bahwa penggolongan SIM tersebut saat ini masih menjadi wacana serta baru pembahasan internal saja.

Dijelaskan olehnya bahwa klasifikasi SIM C yang akan dilakukan oleh pihak kepolisian belum dalam waktu dekat akan dilaksanakan. Oleh karena itu ia meminta masyarakat untuk tidak resah.

Dikatakannya bahwa pihaknya mengundang beberapa Polda untuk melakukan pembahasan serta pendalaman klasifikasi SIM C, tetapi masih dalam tahap wacana.

Untuk aturan tersebut sendiri harus ada revisi peraturan Kapolri. Condro menjelaskan bahwa memang ada telegram soal SIM C tersebut, tetapi isi telegram itu terkait dengan SIM online.

Ditegaskannya bahwa pihaknya tidak pernah melakukan arahan terkait rencana Februari 2016 dimulai penggunaan atau penggolongan kategori SIM C.

Adapun bantahan ini disampaikan Condro untuk menjawab pemberitaan di berbagai media terkait penggolongan SIM C. Meski demikian, Condro tidak menampik jika ke depannya akan ada penggolangan penggunaan SIM C.

Diakuinya bahwa hal tersebut membutuhkan proses yang panjang, serta sosialisasi kepada masyarakat juga harus dilakukan. Terkait hal tersebut, ia berjanji akan mensosialisasikan apabila penggolongan tersebut akan diberlakukan.