Ketika Patung Tepak Sirih Memakai Masker

64

Patung Tepak Sirih Pekanbaru

Jumat (4/9) pagi, sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah yang tergabung dalam Angkatan Muda Muhammadiyah Riau melakukan aksi peduli bencana kabut asap. Mereka membagikan 10.000 masker di perempatan simpang SKA dan diakhiri dengan memakaikan masker kepada patung tepak sirih.

Aksi yang terbilang berani ini merupakan bentuk kekecewaan dan sindirian terhadap pemerintah akibat lambannya penanganan asap di Riau. Tak ayal, patung tepak sirih ini kini menjadi viral di dunia maya. Banyak netters yang setuju dengan aksi ini.

Angkatan Muda Muhammadiyah Riau yang menjalankan aksi ini berjumlah sekitar 30 orang. Mereka merupakan gabungan organisasi otonom Muhammadiyah Riau, yakni Pemuda Muhammadiyah, Nasiatul Aisiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Ikatan Pelajar Muhammadiyah serta Badan Eksekutif Mahasiswa dan Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Muhammadiyah Riau.

Sebelumnya patung tepak sirih ini juga pernah diberi kain kafan layaknya pocong sekitar tahun lalu yang dilakukan oleh para aktivis Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Sakai FISIP Universitas Riau. Tentunya hal tersebut terkait kabut asap yang melanda Riau tahun lalu. Tampaknya tugu tepak sirih ini masih akan dijadikan bentuk protes dari para mahasiswa ke depannya.