Kerugian Plaza Sukaramai Capai Rp 1T? - InfoPKU
Home » Berita » Berita Pekanbaru » Kerugian Plaza Sukaramai Capai Rp 1T?

Kerugian Plaza Sukaramai Capai Rp 1T?


Sukaramai_8318

Diperkirakan kerugian akibat kebakaran dahsyat yang melanda Plaza Sukaramai sejak Selasa (8/12) lalu, mencapai Rp 1 Triliun.

Seperti yang kita ketahui bahwa kebakaran kali ini merupakan kebakaran yang paling lama dipadamkan oleh Tim Pemadam Kebakaran Kota Pekanbaru.

Adapun pernyataan ini disampaikan oleh Ismet Bakri, selaku Ketua Umum Himpunan Pedagang Plaza Sukaramai, Kamis (10/12).

Berdasarkan data yang ada pada pihaknya, ada sekitar 1.800 pedagang yang berjualan di Plaza Sukaramai. Bahkan salah satu pedagang saja ada yang memiliki aset mencapai Rp2 Miliar.

Pihaknya bersama para pedagang yang lain masih menunggu hasil dari Tim Labfor yang sedang bekerja untuk mengetahui penyebab kebakaran hebat ini.

Ia juga menuturkan bahwa berdasarkan dari salah seorang saksi yang menyatakan asal kebakaran ini berasal dari toko yang pada hari kejadian tidak berjualan.

Namun, ia tidak mau berpikiran macam-macam. Ia lebih menunggu kepastian penyebab kebakaran yang saat ini sedang diselidiki oleh Tim Labfor.

Ia turut mempertanyakan fasilitas di gedung ini banyak yang tidak berfungsi. Seperti ketiadaan racun api, serta hydrant yang airnya tidak ada.

Lebih lanjut, dirinya bersama dengan pedagang yang lain akan bertahan dan berjualan di sekitar pasar ini. Pihaknya ingin mengetahui terlebih dahulu kejelasan nasib mereka kedepannya.

Pemko Pekanbaru melalui Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, mengaku prihatin dengan musibah kebakaran yang terjadi.

Mengenai angka kerugian, Ayat sendiri masih belum menerima laporan. Ia meminta Dinas Pasar agar segara berkoordinasi dengan BPKP untuk menginventarisir jumlahnya.

Mengenai pembangunan kembali Plaza Sukaramai ini, Ayat mengaku akan mempelajari kembali semua perjanjian tersebut.

Apakah nantinya pembangunan akan diambil alih Pemko Pekanbaru atau dilakukan oleh pihak ketiga. Ia menjelaskan bahwa yang paling penting saat ini adalah bagaimana para pedagang dapat berjualan kembali.

About Said Zaki

Avatar
hanya orang waras yang ngaku gila, karena tidak ada orang gila yang ngaku gila. yang ada orang gila ngaku waras, makanya jika ada orang ngaku waras, maka ia sudah gila