Kereta Api Pekanbaru-Dumai Dalam Proses | Pekanbaru
Breaking News
Home » Berita » Kereta Api Pekanbaru-Dumai Dalam Proses

Kereta Api Pekanbaru-Dumai Dalam Proses


ilus-kereta-api-riau
Source Pict: Riau Pos

Salah satu pembangunan sarana transportasi yang tak kalah pentingnya yang akan dibangun di Riau adalah pembangunan jalur kereta api Pekanbaru-Dumai.

Pembangunan jalur kereta api Pekanbaru-Dumai ini sendiri izinnya masih dalam proses, oleh karena itu Kemenhub meminta kepada Pemprov Riau agar tidak gegabah dan terburu-buru menetapkan jadwal peletakan batu pertama (groundbreaking).

Dijelaskan oleh Staf Ahli Bidang Hukum, Reformasi dan Demokrasi Kementerian Perhubungan, Umar Aris, Senin (16/11), mengatakan bahwa groundbreaking tidak dapat dilaksanakan pada akhir November 2015 ini.

Penyebabnya adalah karena proses perizinannya sendiri masih dalam tahap pengecekan sesuai dengan aturan hukum (legitimasi).

Ada beberapa tahapan yang mesti dilewati untuk melaksanakan groundbreaking setelah selesai proses perizinan trase. Paling cepat Desember, jelas Umar.

Terkait jadwal groundbreaking jalur kereta api itu, ia menyebutkan bahwa hal tersebut merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi Riau.

Pemerintah Provinsi Riau sebelumnya memastikan bahwa proyek pembangunan rel kereta di jalur Pekanbaru–Dumai tidak akan berubah dan tetap sesuai jadwal, yakni pada November 2015.

Dikatakan oleh Asisten II Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Masperi, jalur kereta Pekanbaru–Dumai ini akan tersambung ke jalur kereta Trans Sumatra yang saat ini juga tengah dilaksanakan, tepatnya di Rantau Prapat, Sumatra Utara.

Pembangunan jalur kereta api di Riau ini sejalan dengan proyek pembangunan jalan tol Pekanbaru Dumai yang saat ini masih dalam tahap pembebasan lahan.

About Said Zaki

Avatar
hanya orang waras yang ngaku gila, karena tidak ada orang gila yang ngaku gila. yang ada orang gila ngaku waras, makanya jika ada orang ngaku waras, maka ia sudah gila