Kelurahan Pekanbaru Dimekarkan Jadi 83

0
121
Sumber: Riau Pos

Kelurahan di Kota Pekanbaru akan kembali dimekarkan pada tahun 2016 mendatang. Jika sebelumnya hanya 58 kelurahan, nantinya akan dimekarkan menjadi 83 kelurahan.

Demikian yang diungkapkan oleh Kabag Tata Pemerintahan Pekanbaru, Irma Novrita, Jum’at (20/11). Irma menyebutkan bahwa saat ini pihaknya tinggal menunggu pengesahan Rancangan Peraturan Daerah oleh DPRD.

Dalam usulan pemekaran ini, pihaknya menambah 25 Kelurahan baru yang tersebar pada 12 Kecamatan yang ada di Kota Pekanbaru.

Jika pemekaran Kelurahan Pekanbaru ini disahkan pada tahun ini juga, maka pada tahun 2016 mendatang pihaknya juga akan langsung melakukan kajian bagi pemekaran Kecamatan.

Adapun pemekaran yang diupayakan Pemko ini juga untuk menunjang peningkatan status Pekanbaru dari kota besar menjadi metropolitan pada masa yang akan datang.

Upaya ini sendiri dilakukan karena pesatnya perkembangan jumlah penduduk Pekanbaru yang kini telah mencapai 1,3 juta jiwa.

Ia menjelaskan bahwa untuk menjadi kota metropolitan ada persyaratan yang harus terpenuhi, baik administrasi maupun politis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.