Kebiasaan Mengganggu Keuangan Yang Harus Dihindari Saat Single
Breaking News
Home » Finansial » Kebiasaan Mengganggu Keuangan Yang Harus Dihindari Saat Single

Kebiasaan Mengganggu Keuangan Yang Harus Dihindari Saat Single


Meski masih single (belum berpasangan), hal tersebut harusnya tak menghalangi kita untuk menabung demi masa depan yang lebih cerah.

Karena seperti yang diketahui pada masa ini, kebanyakan dari kita kadang menghamburkan uang hasil pendapatan hanya demi kesenangan pribadi tanpa memikirkan masa yang akan datang.

Memang pada masa single atau belum menikah ini adalah masa-masa bebas untuk bersenang-senang dengan uang yang dimiliki, karena tidak perlu memikirkan biaya rumah tangga yang banyak.

Tentu saja hal ini sah-sah saja dilakukan. Namun perlu dipastikan bahwa kita tidak akan menghambur-hamburkan uang terlalu banyak, karena hal tersebut dapat mengakibatkan masalah keuangan di kemudian hari.

Ada baiknya belajar untuk mengelola keuangan untuk masa depan. Nah berikut ini beberapa kebiasaan yang harusnya dihindari pada saat mengelola keuangan bagi Encik dan Puan yang masih single.

Tidak Memiliki Tabungan

Seperti yang telah diketahui bahwa kebiasaan menabung merupakan kebiasaan yang penting bagi Encik dan Puan. Jangan gabungkan rekening tabungan dengan rekening gaji. Karena agar lebih disiplin dalam menabung, baiknya buatlah tabungan khusus untuk tabungan yang berbeda dengan tabungan gaji. Hal ini untuk menghindari tabungan terpakai untuk kepentingan umum.

Tidak Punya Tujuan Keuangan

Seperti yang telah dipaparkan di atas, memang pada saat single kita tidak perlu terlalu memikirkan masalah keuangan. Hal tersebut diakibatkan karena tidak adanya rasa tanggung jawab selain untuk memenuhi kebutuhan pribadi. Ada baiknya untuk menyusun rencana serta tujuan keuangan Encik dan Puan. Entah itu untuk rencana perjalanan wisata atau untuk melanjutkan pendidikan. Hal ini akan melatih kita untuk lebih bertanggung jawab terhadap keuangan yang kita miliki.

Tidak Berinvestasi

Masih single bukan berarti kita tidak bisa memulai untuk berinvestasi. Karena dengan berinvestasi sendiri akan menguntungkan kita di kemudian hari. Untuk memulainya tak harus yang memiliki nilai return yang tinggi, karena resikonya juga tinggi. Mulailah berinvestasi yang sederhana, seperti investasi pada logam mulia (emas), reksa dana dan deposito.

Boros

Kebanyakan kita yang masih single menjadi boros karena merasa bebas dalam menggunakan penghasilannya. Padahal seperti tiap hari makan di luar atau sering berbelanja dapat membuat uang Encik dan Puan terus mengalir. Kebiasaan makan di luar tersebut boleh saja dilakukan, asal jangan terlalu sering. Lakukan pada saat lunch atau dinner saat weekend saja. Hindari pemborosan, karena kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang.

Demikianlah beberapa hal yang dapat menghabiskan uang Encik dan Puan saat masih single. Oleh karena itu gunakanlah waktu Encik dan Puan sebijaksana mungkin.

About Said Zaki

hanya orang waras yang ngaku gila, karena tidak ada orang gila yang ngaku gila. yang ada orang gila ngaku waras, makanya jika ada orang ngaku waras, maka ia sudah gila