Kebakaran Melanda Jalan Karet - InfoPKU
Breaking News
Home » Berita » Berita Pekanbaru » Kebakaran Melanda Jalan Karet

Kebakaran Melanda Jalan Karet


karetcokroaminoto_2384

Jum’at (12/2) siang tadi, masyarakat di sekitar Jalan Karet dan Jalan Hos Cokroaminoto dikagetkan dengan kepulan asap hitam melambung tinggi.

Di mana terjadi kebakaran pada kawasan yang padat pemukiman penduduk. Sebanyak 20 kios semi permanen yang terbuat dari kayu serta rumah penduduk telah dilahap si jago merah.

5 mobil pemadam kebakaran Pemerintah Kota Pekanbaru tiba di lokasi, sekitar sejam lebih kemudian berhasil menjinakkan si jago merah.

Meski demikian, proses pemadaman api tidak berlangsung mudah karena kawasan tersebut disesaki pemilik kios dan rumah yang ingin menyelamatkan harta bendanya serta masyarakat yang hanya sekedar berdatangan untuk menyaksikan yang terjadi.

Di sela-sela aksi pemadaman tersebut, Wali Kota Pekanbaru, DR. Firdaus, ST, MT datang langsung ke lokasi kebakaran serta mengucapkan belasungkawa kepada para korban kebakaran.

Orang nomor satu di kota Pekanbaru tersebut mengakui bahwa pemukiman yang berada di Jalan Karet dan Jalan Hos Cokroaminoto ini padat penduduk dan juga bangunannya sudah tua.

“Kondisinya seperti ini dan instalasi listriknya sudah tidak layak pakai”, ujarnya.

Seperti kita ketahui, kebanyakan penyebab kebakaran pada kawasan padat penduduk adalah arus pendek. Dalam hal ini dikarenakan instalasi listrik yang tidak sesuai standar keselamatan.

Pada kawasan Jalan Karet dan Jalan Hos Cokroaminoto yang merupakan perkampungan tua, sudah masuk program Pemko Pekanbaru yaitu resettlement atau menata ulang, dalam prioritas pertama, dan menjadikannya sebagai perkampungan baru dengan konsep rusunawa.

Namun hal tersebut masih terkendala pembebasan lahan. Jika hal tersebut cepat terealisasi, maka dapat mengantisipasi kejadian kebakaran seperti ini, khususnya pada kawasan padat penduduk.

Hingga saat ini masih belum diketahui penyebab kebakaran, jumlah kerugian serta korban jiwa. Hampir semua harta benda tidak dapat diselamatkan karena posisi rumah warga yang saling berdekatan.

About Said Zaki

Avatar
hanya orang waras yang ngaku gila, karena tidak ada orang gila yang ngaku gila. yang ada orang gila ngaku waras, makanya jika ada orang ngaku waras, maka ia sudah gila