Jangan Konsumsi Makanan & Obat Ini Bersamaan - InfoPKU
Home » Kesehatan » Jangan Konsumsi Makanan & Obat Ini Bersamaan

Jangan Konsumsi Makanan & Obat Ini Bersamaan


Ada beberapa makanan yang sebaiknya Encik dan Puan hindari untuk dikonsumsi ketika sedang menjalani pengobatan, baik itu itu berupa buah-buahan, sayuran, maupun berbentuk minuman.

Adapun makanan tertentu dapat membuat pengobatan yang sedang Encik dan Puan jalani menjadi tidak efektif, bahkan dampak terburuknya dapat menimbulkan efek yang cukup berbahaya.

Berikut ini beberapa makanan yang dihindari untuk dikonsumsi secara bersamaan ketika Encik dan Puan sedang mengalami pengobatan:

Pisang

Pisang diketahui mengandung potasium tinggi, namun bagi Encik dan Puan yang mengonsumsi obat tekanan darah seperti Captoril, ACE inhibitor atau Angiotensin, maka buah ini harus dihindari.

Karena dengan mengonsumsi pisang dan obat-obatan tersebut secara bersamaan dapat meningkatkan potasium sehingga detak jantung semakin tak beraturan, bahkan dapat menyebabkan jantung terus berdebar.

Jeruk Nipis

Jika Encik dan Puan tengah mengonsumsi obat batuk terutama yang mengandung dextromethorphan, sebaiknya hindari mengonsumsi jeruk nipis atau jeruk Seville.

Dengan mengonsumsi buah-buahan sitrus ini dapat mengganggu proses bekerjanya obat batuk, bahkan menimbulkan efek samping seperti halusinasi hingga rasa kantuk.

Kopi

Jangan konsumsi kopi bila Encik dan Puan tengah mengonsumsi obat bronchodilator untuk asma karena efek sampingnya dapat meningkatkan detak jantung hingga rasa gugup. Terlebih lagi jika dicampurkan dengan kafein, maka efek sampingnya dapat meningkat.

Sayuran Hijau

Bila Encik dan Puan mengonsumsi anticoagulant seperti Warfarin, sebaiknya jangan mengomsumsi sayuran hijau. Karena kandungan vitamin K yang tinggi dapat membuat darah menggumpal.

Untuk diketahui bahwa Warfarin dirancang untuk menghindari pembuatan vitamin K, jika Encik dan Puan memakan banyak sayuran hijau maka akan mengganggu kerja obat.

Liquorice Hitam

Untuk Encik dan Puan yang mengonsumsi obat jantung, Liquorice dapat mengurangi kadar potasium dalam tubuh. Hal ini sangat membahayakan bagi penderita penyakit jantung.

About Nur Hasanah

impossible=i'm possible