Breaking News
Home » Berita » Berita Riau » Jalur Trans-Sumatera & Jalur Kereta Trans-Sumatera Dimulai Tahun Ini

Jalur Trans-Sumatera & Jalur Kereta Trans-Sumatera Dimulai Tahun Ini


Ilustrasi
Ilustrasi

Tahun 2015 ini, pembangunan jalur trans-Sumatera dan jalur kereta trans-Sumatera dalam tahap ground breaking (pengalian pondasi bangunan). Jalur ini nantinya akan menghubungkan Propinsi Lampung hingga Propinsi Aceh. Demikian penuturan Plt Gubernur Riau H Arsyad Juliandirahman.

Ia juga menjelaskan bahwa di Dumai akan dibangun jalan tol dan kereta, setelah ground breaking-nya dimulai pada akhir tahun ini. Berdasarkan data yang dirangkum oleh mediacenter.riau.go.id, panjang rel kereta api di Sumatera saat ini mencapai 1.869 km. Dengan sepanjang 1.348 km masih beroperasi, sementara itu sisanya 512 km tidak beroperasi.

Rencananya kereta api TransSumatera yang  akan menghubungkan Lampung hingga Aceh sepanjang 2.168 km ini bakal dilayani 145 lokomotif serta sebanyak 1.435 unit kereta untuk mengangkut penumpang 48 juta orang per tahun. Jalur kereta api TransSumatera ini akan menghubungkan jalur KA yang ada di Aceh, Sumut, Sumbar, Sumsel, serta Lampung.

Untuk pembangunan jalan tol Trans-Sumatera sendiri adalah sepanjang 2.700 km yang nantinya juga akan menghubungkan seluruh Sumatera, dari Provinsi Aceh hingga Provinsi Lampung.


About Said Zaki

hanya orang waras yang ngaku gila, karena tidak ada orang gila yang ngaku gila. yang ada orang gila ngaku waras, makanya jika ada orang ngaku waras, maka ia sudah gila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *