Breaking News
Home » Berita » Berita Riau » Izin Heli Sudah Dikantongi, Water Boombing Bisa Dilakukan

Izin Heli Sudah Dikantongi, Water Boombing Bisa Dilakukan


Water Boombing Pekanbaru

Setelah sempat tidak beroperasi akibat terkendala izin, Jumat (4/9) kemarin, Pemprov Riau sudah mengantongi izin heli penanganan asap dari Pemerintah Pusat, sehingga water boombing dapat kembali dilakukan.

Ada tiga helikopter yang berada di Lanud Roesmin Nurjadin, yakni helikopter Kamov, Sikorski dan helikopter MI-1  yang digunakan untuk water boombing di Riau.

Seperti yang kita ketahui dalam beberapa hari ini kabut asap yang menyelimuti kota Pekanbaru semakin parah, bahkan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) menunjukkan kualitas udara berbahaya.

Sehingga diharapkan dengan adanya izin ini, water boombing dapat mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau. Selain water boombing, rekayasa cuaca atau hujan buatan juga perlu dilakukan.

Pemerintah melalui Kementerian LHK, TNI, Polri, BNPB, dan semua pihak terkait sepakat untuk segera menyelesaikan secepat mungkin bencana asap dan karhutla.

Hal tersebut terungkap saat rapat di Kementerian LHK, yang dihadiri Gubernur Sumsel, Gubernur Jambi, dan Plt Gubernur Riau serta Panglim TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, Menteri ESDM ad interim Menteri LHK, Sudirman Said.


About Said Zaki

hanya orang waras yang ngaku gila, karena tidak ada orang gila yang ngaku gila. yang ada orang gila ngaku waras, makanya jika ada orang ngaku waras, maka ia sudah gila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *