#ISG_2013 Riau Masih Tetap Tuan Rumah ISG 2013

0
107

Propinsi Riau dipastikan masih tetap sebagai tuan rumah penyelenggara Islamic Solidarity Games (ISL) III/2013. Meskipun, ada keinginan Pemerintah Pusat dalam hal ini Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) memindahkan tempat penyelenggaraan tersebut ke Jakarta.

Wakil Ketua I Panitia Daerah ISG III Syamsurizal mengatakan, Panitia Daerah masih bekerja seperti biasa, sesuai dengan Kepres Nomor 15 tahun 2012, tentang penetapan Riau sebagai tuan rumah ISG III, tahun 2013.

“Saya tidak melihat satu ketetapan yang legal tentang penyelenggaraan ISG di Jakarta,” kata Syamsurizal yang juga mantan Ketua Umum PB Persatuan Sepak Takraw Seluruh Indonesia.

Dikatakannya lagi, bukti Riau masih diakui Pemerintah Pusat yakni diundangnya Panitia Daerah dalam Rapat Koordinasi (Rakor) tingkat Menteri di Kantor Menkokesra pada tanggal 8 Mei 2013 mendatang.

Rakor tersebut, akan dipimpin langsung oleh Menko Kesra Agung Laksono serta sejumlah Menteri terkait lainnya dengan agenda tunggal membahas persiapan ISG III 2013 di Riau.

“Nantinya, ada juga paparan dari Menteri terkait seperti Menpora, kemudian paparan kesiapan Riau yang akan disampaikan Gubernur. Selain itu, juga akan dihadiri utusan dari pihak KOI dan KONI,” ungkap Syamsurizal.

Lebih lanjut, Syamsurizal mengemukakan, segenap Jajaran Panitia Daerah sangat berharap agar Presiden SBY tidak melakukan perombakkan perubahan Kepres Nomor 15 tahun 2012 yang sudah ditanda tangani tentang penetapan Riau sebagai tuan rumah ISG III.

“Saya yakin, Presiden tidak akan gegabah dan kami pun tidak melihat yang sifatnya rasional atas usulan Menpora yang sangat berkeinginan memindahkan ISG ke Jakarta. Kecuali, hal yang sifatnya terlalu dibuat atau mengada ada,” imbuh Syamsurizal.

Disisi lain, venue atau tempat tempat pertandingan sudah ditinjau oleh Islamic Solidarity Sport Federation (ISSF) sebanyak 4 kali. Usulan perbaikkan yang diinginkan oleh ISSF sudah diakomodir melalui tender dari paket-paket proyek yang dianggarkan melalui Dinas Pemuda dan Olahraga sebagaimana yang diusulkan oleh ISSF.

Syamsurizal mengharapkan, apa yang telah dipersiapkan Riau sebagai tuan rumah penyelenggara ISG III, hendaknya menjadi pertimbangan Pemerintah Pusat. Sehingga, penyelenggaraan multi event bernuansa Islam tersebut bisa terlaksana di bumi lancang kuning.

Pada bagian lain, Syamsurizal mengatakan untuk mendukung penyelenggaraan ISG III tahun 2013, pihak ISSF telah menyetujui diselenggarakannya Investment Forum Culutural Night dan Internasional Festival Orchid .

Disamping itu, ada agenda pertemuan imam-imam Masjid dari seluruh negara anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI), yang akan dihadiri oleh peserta ISG.

“Semua kegiatan itu sudah direspon positif oleh ISSF dan dianggarkan dalam APBD Propinsi Riau melalui Dinas terkait, Pariwisata, Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah BKMD,” demikian Syamsurizal.

 

Sumber : Bolanet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.