#ISG_2013 Komisi C DPRD DKI : Mau Gelar ISG, Jakarta Punya Dana ? - InfoPKU
Breaking News
Home » Berita » #ISG_2013 Komisi C DPRD DKI : Mau Gelar ISG, Jakarta Punya Dana ?

#ISG_2013 Komisi C DPRD DKI : Mau Gelar ISG, Jakarta Punya Dana ?


Kesiapan Jakarta sebagai tuan rumah perhelatan Islamic Solidarity Games (ISG) diragukan. Selain kondisi sarana dan prasarana, pendanaannya pun dipertanyakan. Apalagi anggaran ISG yang mencapai Rp200 miliar tak dianggarkan dalam APBD DKI 2013.

Tak heran banyak kalangan mendesak Pemprov DKI kembali berpikir ulang untuk menyelenggaran event olahraga tersebut. “Harus dipikirkan terutama soal pendanaan. Jangan sampai dipaksakan sehingga penyelenggaraannya tidak maksimal,” kata anggota Komisi C DPRD DKI, Ahmad Husin Alaydrus, di Jakarta, Jumat (17/5/2013).

Dirinya mencontohkan, terkait sarana dan prasarana, seperti stadion. Di Jakarta, sarana olah raga yang memiliki standar internasional hanya dua, yaitu Senayan dan Stadion Lebak Bulus. Untuk Stadion Lebak Bulus sendiri rencananya akan dibongkar. Sehingga hanya akan menyisakan Istora Senayan.

Sementara soal pendanaan untuk membiayai event tersebut yang dinilai tidaklah sedikit. “Anggaran bisa mencapai Rp200 miliar, uangnya dari mana? Ini harus dipikirkan. Karena ketidaksiapan inilah, akhirnya ajang olah raga tersebut berantakan dan malah memberikan citra buruk bagi Jakarta di mata dunia internasional,” tegasnya.

Seperti diketahui sebelumnya ISG yang sedianya akan digelar di Pekanbaru, Riau, akhirnya digeser ke Jakarta. Pasalnya ada beberapa permasalahan di Pekanbaru yang tidak bisa diselesaikan dalam waktu dekat. Rencana pengalihan kegiatan itu pun disetujui Pemprov DKI Jakarta, dan menyatakan siap menggelar ISG 2013 ini.

Kesiapan tersebut disampaikan langsung oleh Gubernur DKI, Joko Widodo (Jokowi), usai bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olah Raga, Roy Suryo, beberapa waktu lalu.

Acara tahunan ini, seharusnya digelar pada 6-17 Juni. Namun karena adanya perubahan lokasi, penyelenggaraannya diundur menjadi 22 September – 1 Oktober. Dalam perhelatan olahraga internasional ini, lebih dari 50 negara tercatat menjadi perserta ISG tahun 2013 ini. (Inilah.com)

About Admin