HUT ke-61, IDI Pekanbaru Gelar Pekan Peduli Disabilitas dan Kanker Darah Anak
Home » Berita » Berita Pekanbaru » HUT ke-61, IDI Pekanbaru Gelar Pekan Peduli Disabilitas dan Kanker Darah Anak

HUT ke-61, IDI Pekanbaru Gelar Pekan Peduli Disabilitas dan Kanker Darah Anak


924179_177842759075984_1970725051_n
HUT IDI ke-63 yang lalu

Sempena HUT ke-64, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Pekanbaru menggelar serangkaian kegiatan sosial yang dikemas dalam Pekan Peduli Disabilitas dan Kanker Darah Anak. Seperti yang disampaikan oleh Ketua IDI Cabang Pekanbaru dr Zul Asdi SpB MKes didampingi Ketua Panitia Dr dr Ririe F Malisie SpA (K), Rabu (4/11).

Menurut penuturannya, peringatan HUT kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Peringatan HUT kali ini lebih mengedepankan kepedulian IDI terhadap anak-anak penyandang penyakit disabilitas dan kronis (darah dan kanker).

Adapun, rangkaian kegiatan HUT IDI ini sudah dimulai. Sedangkan puncak kegiatan pekan peduli akan digelar 1-7 Desember 2014 mendatang.

Kegiatan yang sedang berlangsung saat ini adalah serial talkshow kesehatan di TVRI dan RRI Pekanbaru. Sedangkan untuk pekan peduli nanti, akan ada kunjungan anggota IDI ke Unit Rehabilitasi Medik, Pusat Palsi Serebral, Thalasemia Center, dan Unit Kanker Anak, baik yang berada di RSUD maupun RS Swasta di Pekanbaru.

Kemudian akan digelar donor darah yang bekerjasama dengan PMI. Selain anggota IDI sendiri, pihak kepolisian, TNI, birokrat, organisasi wanita, wartawan dan masyarakat umum dapat ikut mendonorkan darahnya.

Tujuan IDI melibatkan semua pihak dalam donor darah untuk membantu penyediaan darah tetap terhadap anak-anak penderita Thalasemia (kelainan darah), Hemofilia (darah sukar membeku) dan Leukemia (kanker darah).

IDI berharap dapat mencanangkan konsep “Ten for One”, dimana setiap satu anak Thalasemia memperoleh 10 orang donor darah tetap.

Lalu, IDI akan menyelenggarakan Seminar Awam ”Masalah Kesulitan Makan Pada Anak”. Seminar terbuka untuk umum ini berlangsung pada tanggal 6 Desember di Hotel Pangeran ini, dengan pembicara dr Yuliati SpA IBCLC dan dr Tengku Misdalia SpKFR MKes.

Masih di hari dan tempat yang sama, IDI menyelenggarakan Seminar Medis ”Deteksi Penyakit Kronis yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak pada Unit Pelayanan Primer.” Seminar ini hanya diikuti para dokter dan kalangan medis, dengan pembicara dr Wiwit Ade FW MBiomed SpA, dr Elmi Ridar SpA, dr Tb Odih R SpBA, dr Ismet SpA dan dr Frida Yenti SpPK.

Rangkaian peringatan HUT IDI ini ditutup dengan Malam Peduli pada Sabtu (6/12) malam dengan menampilkan kebolehan seni anak-anak penyandang Thalasemia. Serta penampilan khusus artis Putri, salah seorang juara Indonesia’s Got Talent.

Sumber: goriau

About Admin