Hari Kanker Sedunia
Breaking News
Home » Kesehatan » Hari Kanker Sedunia

Hari Kanker Sedunia


kanker

Pada hari ini, tanggal 4 Februari diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia. Kampanye tentang kesadaran akan penyakit kanker ini telah dimulai sejak tahun 2000 yang lalu.

Adapun tujuan peringatan Hari Kanker Sedunia ini adalah untuk mempromosikan penelitian untuk mendapatkan pengobatan dan cara pencegahan penyakit kanker.

Mulai tahun ini hingga untuk beberapa tahun ke depan, seluruh dunia akan bersatu dalam jargon yang sama, yaitu “We can. I can”.

Menurut pihak World Cancer Day, jargon “we can” ini bertujuan untuk menginspirasi aksi nyata dengan menciptakan lingkungan yang sehat, hingga membangun usaha dan mengubah peraturan.

Sedangkan untuk jargon “I can” dimaksudkan untuk mendorong penderita kanker mau dideteksi sejak dini agar dapat diselamatkan serta dapat mendukung yang lain, juga membuat pilihan gaya hidup yang sehat.

Kampanye Hari Kanker Sedunia ini adalah untuk mendukung 14,1 juta masyarakat di seluruh dunia yang belajar mengenal kanker pada diri mereka setiap tahunnya.

Hingga sekarang, jenis kanker yang paling umum diderita adalah kanker paru-paru, payudara, dan prostat. Para penderita kanker dari laman resmi World Cancer Day berharap beban penderita kanker dapat berkurang dengan banyaknya dukungan dari seluruh masyarakat dunia.

Seperti yang telah diketahui bahwa meskipun kanker bukanlah penyakit menular, tetapi kanker kini telah menyerupai epidemi karena terjadi seluruh dunia serta membunuh orang lebih banyak daripada total kematian yang diakibatkan oleh AIDS, tuberkulosis, serta malaria.

Dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa lebih dari sepertiga kanker dapat dicegah melalui perubahan pola hidup yang lebih sehat.

Langkah sederhana untuk mencegah penyakit kanker bisa dengan berhenti merokok, kurangi asupan daging merah dan yang diproses, berolahraga dengan rutin, serta mengurangi asupan alkohol.

Diperkirakan pada tahun 2030 mendatang, lebih dari 12 juta orang akan mati akibat kanker tiap tahunnya. Mirisnya di negara berkembang yang fasilitas deteksi dini serta pengobatan yang belum memadai, angka kematian akibat kanker lebih besar dibandingkan dengan negara maju.

About Monalisa Dewa Ayu

Announcer & MC ||mdewaayu@gmail.com