Hari Jadi Pekanbaru 235: The Capital City of Sumatera

11

Di Hari Jadi Kota Pekanbaru 235, The Capital City of Sumatera menjadi slogan yang diusung oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Sebagaimana diketahui, Hari Jadi Pekanbaru yang ke-235 ini jatuh pada Minggu (23/6/2019).

Tentunya kita tidak akan sadar, perjalanan sejarah yang dilalui kota tercinta kita ini. Kota Pekanbaru berawal dari sebuah perkampungan di tepian Sungai Siak, bernama Senapelan hingga menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Siak Sri Indrapura.

Dari sinilah kemudian nama Pekanbaru muncul. Berawal dari keinginan Sultan Siak saat itu, Sultan Abdul Jalil Alamudin Syah yang ingin membangun Pekan (pasar) di Senapelan. Usaha tersebut kemudian dilanjutkan oleh putranya, Raja Muda Muhammad Ali.

Kemudian oleh Datuk 4 Suku (Pesisir, Lima Puluh, Tanah Datar dan Kampar), maka ditetapkanlah pada hari Selasa tanggal 21 Rajah 1204 H atau tanggal 23 Juni 1784 M, nama Senapelan kemudian diganti menjadi “Pekan Baharu” atau Pasar yang baru.

Selanjutnya pada tanggal 23 Juni diperingati sebagai hari lahir Kota Pekanbaru. Seiring perjalanan waktu, sebutan Senapelan kian ditinggalkan dan diganti dengan sebutan “Pekan Baharu” yang kemudian dalam kesehariannya disebut Pekanbaru.

Adapun sisa-sisa peninggalan sejarah Kerajaan Siak Sri Indrapura di Kota Pekanbaru dapat kita temui di kawasan Senapelan, antara lain Komplek Makam Marhum Pekan yang merupakan Makam Pendiri Kota Pekanbaru, Mesjid Raya Senapelan, Rumah Singgah Tuan Kadi, dan lain-lain.

Tanpa mengecilkan akan sejarah Kota Pekanbaru, tentunya pemilihan slogan The Capital City of Sumatera ini bukannya tanpa alasan. Jika diartikan berarti Pekanbaru sebagai Ibukota Sumatera. Ada mimpi besar yang ingin diwujudkan di Hari Jadi Kota Pekanbaru 235.

Hal tersebut menjadi sebuah kebanggaan bagi kita semua, terlebih lagi angka 235 tersebut sangat fantastis serta memberi semangat tambahan mendapati Kota Pekanbaru yang kita cintai ini mengulang hari jadinya yang ke-235 tahun.

“Pekanbaru, The Capital City of Sumatera” bukan sekedar slogan tanpa makna. Slogan ini merupakan bentuk komitmen melestarikan dan menjaga alam untuk tetap hijau adalah Pekanbaru yang semakin ramah lingkungan, ramah pada keberlangsungan cita-cita mulia para pengisi kemajuan pembangunan.

Bersempena Hari Jadi Pekanbaru 235, Pemko Pekanbaru melakukan berbagai rangkaian acara seperti Aksi Gotong Royong Bersih Sungai Siak, Kamis (20/6), dan menggelar kegiatan Pekanbaru Achievement Sport Tourism 2019 pada tanggal 21-23 Juni 2019 di Taman Rumah Singgah Tuan Kadi, Jalan Perdagangan, Senapelan.

Aksi Gotong Royong membersihkan Sungai Siak:

Pelaksanaan kegiatan Pekanbaru Achievement Sport Tourism 2019:

Selain mengadakan dua kegiatan di atas, Pemko Pekanbaru juga menggelar berbagai acara untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Pekanbaru yang ke-235. Di mana pergelaran puncaknya akan menghadirkan bintang tamu Budi Doremi di Ruang Terbuka Hijau Tunjuk Ajar Integritas, Jalan Ahmad Yani, Minggu (30/6).

Seiring berjalannya waktu, tentunya kita berharap Kota Pekanbaru kedepannya semakin baik. Masih banyak PR yang harus diselesaikan Pemko Pekanbaru saat ini, mulai dari masalah jalan yang rusak, banjir, sampah, semrawutnya lalu lintas, hingga permasalahan padamnya listrik.

Meski slogan Pekanbaru Kota Bertuah diganti oleh Wali Kota Pekanbaru, Firdaus menjadi Kota Madani dan kini ditambah menjadi “Smart City Madani” sempat menjadi polemik, setidaknya mari kita menikmati Hari Jadi Kota Pekanbaru ke-235.