Hari Gizi Nasional - InfoPKU
Breaking News
Home » Kesehatan » Hari Gizi Nasional

Hari Gizi Nasional


gizi_seimbang

Tiap tanggal 25 Januari diperingati sebagai Hari Gizi Nasional yang diprakarsai oleh Lembaga Makanan Rakyat (LMR) pada pertengahan tahun 1960-an.

Sebelumnya pada tahun 1950, almarhum Prof. Poorwo Soedarmo selaku Bapak Gizi Indonesia telah menekankan pentingnya gizi dalam kehidupan bangsa Indonesia.

Adapun beliau diangkat oleh Menteri Kesehatan waktu itu, almarhum dokter J Leimena, untuk mengepalai Lembaga Makanan Rakyat (LMR).

Di masa itu LMR lebih dikenal sebagai Instituut voor Volksvoeding (IVV) yang merupakan bagian dari Lembaga Penelitian Kesehatan yang dikenal sebagai Lembaga Eijckman.

LMR memiliki tugas utama yakni melanjutkan penelitian tentang pola makan dan penyakit yang berhubungan dengan makanan dan pendidikan gizi kepada masyarakat yang waktu itu masih banyak yang buta aksara, serta miskin.

LMR kemudian mengadakan peringatan Hari Gizi Nasional untuk pertama kalinya pada pertengahan tahun 1960-an. Peringatan ini lalu dilanjutkan oleh Direktorat Gizi pada tahun 1970-an.

Selanjutnya dengan berkembang pesatnya pendidikan tenaga gizi di banyak perguruan tinggi di Indonesia, kemudian disepakatilah bahwa tanggal 25 Januari diperingati sebagai Hari Gizi Nasional.

Peringatan Hari Gizi Nasional sendiri bukan hanya sekedar momentum, tetapi sesungguhnya sebagai bentuk peringatan bahwa gizi turut berperan penting dalam kehidupan kita.

Untuk Encik dan Puan perlu ketahui bahwa saat ini 4 Sehat 5 Sempurna telah berganti menjadi Pedoman Gizi Seimbang.

Sebenarnya, Pedoman Gizi Seimbang telah diimplementasikan sejak tahun 1955 untuk menggantikan slogan “4 Sehat 5 Sempurna”.

Namun, pada tahun 1990 barulah kita mempunyai Pedoman Umum Gizi Seimbag (PUGS). Meski Pedoman Gizi seimbang telah dikenalkan jauh hari, namun ada kendala dalam mensosialisasikannya.

Pada tanggal 27 Januari 2014 disusunlah Pedoman Gizi Seimbang yang baru. Berikut ini Pedoman Gizi Seimbang baru tersebut:

  1. Syukuri dan nikmati anekaragam makanan
  2. Banyak makan sayuran dan cukup buah-buahan
  3. Biasakan mengonsumsi lauk pauk yang mengandung protein tinggi
  4. Biasakan mengonsumsi anekaragam  makanan pokok
  5. Batasi konsumsi pangan manis, asin dan berlemak
  6. Biasakan Sarapan
  7. Biasakan minum air putih yang cukup dan aman
  8. Biasakan membaca label pada kemasan pangan
  9. Cuci tangan pakai sabun dengan air bersih mengalir
  10. Lakukan aktivitas fisik yang cukup dan pertahankan berat badan normal

Selamat Hari Gizi Nasional!!

About Said Zaki

Avatar
hanya orang waras yang ngaku gila, karena tidak ada orang gila yang ngaku gila. yang ada orang gila ngaku waras, makanya jika ada orang ngaku waras, maka ia sudah gila