Hampir 10 Ribu Jiwa di Riau Menderita ISPA

8

WP_20150825_015

Akibat kabut asap yang melanda akhir-akhir ini, kualitas udara di Riau pun semakin memburuk. Bahkan diperkirakan hampir 10.000 jiwa di Riau menderita inspeksi saluran pernafasan akut (ISPA). Meski di beberapa wilayah di Riau telah mengalami hujan, namun kabut asap masih tetap menyelimuti.

Selain ISPA, banyak juga masyarakat menderita penyakit seperti iritasi mata, iritasi kulit, pneumedia dan lainnya. Jika kondisi kualitas udara masih terus jelek, maka dapat dipastikan jumlah penderita ISPA dan menyakit lainnya akan terus bertambah. Demikian ungkap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Andra Sjafril.

H Munir Umar SpP, Dokter Spesialis Paru senior, menyarankan kepada masyarakat untuk menggunakan masker di dalam rumah. Karena di rumah memiliki ventilasi udara atau lubang pertukaran udara, sehingga asap masuk ke dalam rumah.

Bagi Encik dan Puan yang hendak beraktifitas keluar rumah agar tetap menggunakan masker serta perbanyak minum air putih. Juga perbanyak makan buah dan makanan begizi lainnya.