Gojek & Pemko Pekanbaru Jalin Kerjasama

19

PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau yang lebih dikenal dengan Gojek dan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) di Hotel Pangeran, Sabtu (25/5).

Adapun bentuk kerjasama antara Pemko Pekanbaru dengan perusahaan teknologi karya anak bangsa yang melayani angkutan melalui jasa ojek ini adalah dukungan terhadap digitalisasi ekonomi di Kota Pekanbaru.

Melalui kolaborasi ini, Encik dan Puan dapat memanfaatkan metode pembayaran nontunai melalui uang digital GO-PAY yang dapat digunakan untuk membayar tiket masuk destinasi wisata, transportasi publik, pajak dan retribusi, layanan kesehatan, bertransaksi di pusat UMKM, hingga bersedekah di masjid yang ada di Kota Pekanbaru.

Untuk diketahui, melalui penandatangan kerjasama ini juga terungkap bahwa kini saldo GO-PAY dapat diisi melalui layanan Bank Riau Kepri.

Wali Kota Pekanbaru dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, M Noer dalam sambutannya mengungkapkan harapannya agar kerjasama ini berjalan dengan lancar.

“Kerjasama ini merupakan bukti dukungan dari Pemko Pekanbaru terhadap digitalisasi ekonomi,” ungkap M Noer.

Di  era digital seperti saat ini, M Noer melanjutkan, penting bagi semua pihak agar dapat memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal.

Selain itu, ia mengungkapkan, kehadiran ekosistem pembayaran melalui GO-PAY di berbagai layanan publik ini diharapkan tidak hanya akan membantu memaksimalkan potensi ekonomi digital Kota Pekanbaru, terutama mewujudkan Smart City Madani.

“Mudah-mudahan hal ini (Smart City Madani, red) dapat terwujud,” tuturnya.

Di lain pihak, Head of  Government Relations Regional Sumatera Gojek Muhammad Ruslan mengatakan bahwa kerjasama antara Gojek Indonesia dengan Pemko Pekanbaru ini terkait perkembangan teknologi digital agar Smart City Madani dapat terwujud.

“Selain untuk kesejahteraan mitra, kami juga bersama-sama membangun Kota Pekanbaru sebagai rumah kami,” ujar Ruslan.

Selama dua tahun kehadiran Gojek di Pekanbaru, pihaknya merasakan berbagai kemajuan di Kota Pekanbaru. Oleh karenanya, pihaknya akan memfokuskan pengembangan di Riau di mana Pekanbaru menjadi pusatnya.

“Kota Pekanbaru merupakan salah satu yang tumbuh signifikan di Sumatera,” jelasnya.

Dengan adanya kerjasama ini, Ruslan mengungkapkan harapannya agar layanan GO-PAY dapat memudahkan masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari serta meningkatkan kualitas layanan publik Kota Pekanbaru.

Turut hadir dalam penandatanganan MoU ini antara lain Asisten I Pemko Pekanbaru Azwan, Asisten II Pemko El Syabrina, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin, Kepala Bappeda Kota Pekanbaru Ahmad Ismail, Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru Yuliarso, Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru Chairani, Kepala Dinas Koperasi Kota Pekanbaru Idrus, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Pekanbaru yang juga merangkap Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution.