Gerhana Matahari Sambangi Pekanbaru

1
177

Melihat-Gerhana-Matahari-Total

Pada tahun 2016 ini, Indonesia kembali disambangi fenomena alam langka, yakni Gerhana Matahari Total pada tanggal 9 Maret mendatang.

Sebelumnya fenomena alam yang langka ini pernah terjadi di Indonesia, yakni pada tahun 1983. Kejadian itu terjadi tepatnya pada tanggal 11 Juni 1983 yang silam.

Khusus untuk Kota Pekanbaru sendiri, gerhana mataharinya hanya 93 persen dan dapat Encik dan Puan rasakan sejak pukul 06.30 WIB pagi.

Untuk dapat menyaksikan gerhana matahari 93 persen tersebut, Encik dan Puan harus menggunakan kaca riben atau kacamata hitam yang dapat melindungi mata dari sinar matahari atau debu.

Hal ini disebabkan oleh pancaran yang dihasilkan gerhana matahari tersebut cukup tajam, sehingga membahayakan bila melihat langsung dengan menggunakan mata telanjang.

Bagi Encik dan Puan yang ingin mengabadikan detik-detik gerhana matahari ini bersiap-siaplah untuk menyediakan kamera dan kacamata hitam agar dapat menontonnya bersama-sama.

Adapun gerhana matahari di Kota Pekanbaru akan berlangsung selama sekitar 3 menit, di mana belahan matahari sebelah kanan akan tertutup bulan 93 persen sehingga matahari akan gelap, seperti malam hari.

Bagaimana Encik dan Puan, tertarik untuk mengabadikan fenomena alam yang langka ini?

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.