Forum Media Sosial Riau & Diskominfo Riau Taja Dialog Interaktif bersama BPJS
Home » Berita » Berita Pekanbaru » Forum Media Sosial Riau & Diskominfo Riau Taja Dialog Interaktif bersama BPJS

Forum Media Sosial Riau & Diskominfo Riau Taja Dialog Interaktif bersama BPJS


Dalam rangka memberikan informasi mengenai BPJS, infoPKU yang tergabung dalam Forum Media Sosial Riau (FSMR) bersama Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau menggelar “Dialog Santai bersama BPJS Kesehatan” di Kantor BPJS Kedeputian Wilayah (Kepwil) Sumatera Bagian Tengah (Sumbagteng) dan Jambi, Jalan Jenderal Sudirman, Selasa (3/7).

Sebagai informasi bahwa Forum Media Sosial Riau ini merupakan forum yang dibentuk dan berada di bawah naungan Diskominfotik Provinsi Riau dalam upaya merangkul para pegiat media sosial yang ada di Provinsi Riau sehingga mereka memiliki wadah untuk menyalurkan informasi yang valid tentang pemerintahan kepada para followers-nya.

Dialog interaktif dengan format live streaming via media sosial Twitter dan Instagram infoPKU ini menghadirkan dua orang narasumber, yakni Kepala Deputi BPJS Kesehatan Sumbagteng dan Jambi, Siswandi, dan Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kota Pekanbaru, Rahmad Asri Ritonga, serta dipandu oleh Duta Bahasa Riau Tahun 2016, Daniel Hulu.

Selain live streaming via media sosial Twitter dan Instagram infoPKU, dialog interaktif ini juga ditayangkan melalui akun media sosial Facebook dan Instagram Info Publik Riau milik Diskominfotik Provinsi Riau. Sehingga para followers yang menonton melalui akun media sosial infoPKU dan Info Publik Riau dapat turut berperan aktif dengan mengajukan beberapa pertanyaan langsung kepada kedua narasumber.

Dijelaskan oleh Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Sumbagteng Jambi, Siswandi, bahwa BPJS Kesehatan merupakan  perubahan dari Asuransi Kesehatan (Askes) yang dulunya hanya memfasilitasi jaminan kesehatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan para pensiun PNS.

“Peralihan Askes ke layanan BPJS Kesehatan ini berdasarkan UU yang diterbitkan pada 2011 tentang program JKN-KIS,” ujar Siswandi.

Terkait adanya laporan dari masyarakat mengenai layanan BPJS Kesehatan, Siswandi mengatakan bahwa pihaknya membuka layanan care center 24 jam di nomor 1500 400, website BPJS Kesehatan, Mobile JKN, Kader JKN, dan sebagainya.

Di lain pihak, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kota Pekanbaru, Rahmad Asri Ritonga mengungkapkan bahwa BPJS Kesehatan terus mengalami perkembangan dan terus berinovasi dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Salah satunya dengan adanya aplikasi “Mobile JKN” yang dapat diunduh di Google Play Store dan App Store.

“Aplikasi Mobile JKN ini kami hadirkan untuk memudahkan masyarakat terhadap pelayanan BPJS Kesehatan,” terang Rahmad.

Dengan adanya aplikasi Mobile JKN ini dapat memudahkan Encik dan Puan dalam mengurus BPJS Kesehatan karena ada beragam manfaatnya, seperti: informasi mengenai Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), lokasi fasilitas kesehatan di sekitar Encik dan Puan, informasi mengenai iuran dan catatan pembayaran, mengecek virtual account, skrining riwayat kesehatan, mengubah data peserta, pengaduan keluhan, serta e-ID Kartu Kepesertaan.

Bahkan dengan adanya aplikasi Mobile JKN ini Encik dan Puan tidak perlu khawatir jika kehilangan kartu BPJS atau ketinggalan, karena adanya e-ID Kartu Kepesertaan.

About Said Zaki

hanya orang waras yang ngaku gila, karena tidak ada orang gila yang ngaku gila. yang ada orang gila ngaku waras, makanya jika ada orang ngaku waras, maka ia sudah gila