Home » Berita » Berita Pekanbaru » #eventPKU Pekanbaru Expo Akan Dilaksanakan 19-23 Juni

#eventPKU Pekanbaru Expo Akan Dilaksanakan 19-23 Juni


Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru bekerjasama dengan Even Organizer Fadco Event kembali menggelar Pekanbaru Expo di tahun 2013 ini. Pekanbaru Expo ini akan berlangsung selama selama lima hari mulai tanggal 19-23 Juni mendatang, di Purna MTQ Jalan Jenderal Sudirman. Pekanbaru Expo ini merupakan pameran produk atau jasa unggulan, UMKM, kerajinan, pariwisata dan otomotif.

Sebagai langkah awal untuk suksesnya acara ini, sudah dilakukan launching pada Rabu (15/5) langsung oleh Wali Kota Pekanbaru, Firdaus di aula kantor wali kota Pekanbaru. Pada kesempatan itu hadir hadir Konsul Malaysia, Azizan dan para pengusaha yang ada di Pekanbaru serta jajaran Pemko Pekanbaru.

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus menyebutkan, Pekanbaru Expo ini memang dirangkaikan dengan perayaan hari jadi Kota Pekanbaru ke-229. Namun, menurutnya even ini merupakan langkah dalam mencapai tujuan pembangunan, karena Pekanbaru tidak punya sumber daya alam sebagai sumber pendapatan. Pekanbaru hanya punya dua sumber pendapatan yakni perdagangan jasa dan industri.

“Perdagangan jasa sudah berjalan cukup baik selama ini. Sedangkan industri ada dua yakni industri olahan dan industri pariwisata. Untuk industri pariwisata, kami memposisikan Pekanbaru sebagai tujuan wisata MICE berupa rapat, eksebisi dan semua even baik nasional maupun regional. Alhamdulillah secara nasional Pekanbaru sudah banyak dijadikan sebagai tempat rapat atau wisata MICE,” ungkap Firdaus.

Alhamdulillah juga, ulas Firdaus, Asosiasi Sekretaris Dewan Seluruh Indonesia akan mengadakan rapat di Pekanbaru. Ini salah satu bentuk wisata MICE itu, dan ini sudah bergeser yang dulunya di Batam, sekarang sudah di Pekanbaru.

“Ini juga wujud dari usaha kami dalam menarik even nasional ke Pekanbaru. Kalau even ini dan even lainnya tingkat nasional dilaksanakan di Pekanbaru, akan menjadi penggerak bagi dunia usaha di Pekanbaru, terutama pelaku usaha pariwisata,” sebut Firdaus.

Nah, kata Firdaus, Pekanbaru Expo ini merupakan even yang dijadikan sebagai ajang mempromosikan berbagai produk, perdagangan jasa, kesehatan, otomotif, produk rumah tangga.

“Untuk itu, kami mengimbau dunia usaha, baik BUMN, BUMD, UMKM, IKM dan swasta maupun masyarakat perorangan untuk memanfaatkan even ini sebagai ajang promosi, sehingga produk yang ada di Pekanbaru bisa dikenal masyarakat luas,” jelas Firdaus.

Untuk itu, sebut Firdaus, dirinya juga mengundang negara tetangga yakni Malaysia, sehingga Konsul Malaysia juga hadir dalam kesempatan ini. Hal ini dilakukan supaya saling kenal mengenal produk. Baik perguruan tinggi, rumah sakit, ataupun produk industri.

“Seperti dikenal, Malaysia sudah mengolah sawit menjadi ratusan produk turunan, sedangkan Riau masih hanya CPO. Dengan ini diharapkan dunia usaha dari Malaysia bisa ikut expo ini, sehingga bisa memotivasi dunia usaha di Pekanbaru khususnya dan di Riau umumnya untuk terus berusaha untuk lebih maju. Hal ini bisa mengubah status masyarakat saat ini yang menjadi pangsa pasar produk Malaysia, menjadi produsen produk untuk Malaysia,” harap Firdaus.

Khusus untuk UKM dan IKM, Firdaus sudah menyampaikan kepada panitia supaya mengajak mereka untuk ikut dalam expo ini.

“Ini sudah diakomodir panitia. Kalau UKM itu nanti difasilitasi Dinas Koperasi dan UKM, sedangkan IKM difasilitasi Disperindag. Sangat diharapkan memang UKM dan IKM ini ikut dalam expo ini, sehingga produk mereka bisa dikenal oleh masyarakat lebih luas,” tutur Firdaus.

Ketua Panitia Pelaksana Pekanbaru Expo, Elsyabrina menyebutkan, Pekanbaru Expo ini dalam rangka memeriahkan hari jadi Pekanbaru ke-229 (23 Juni 1784-23 Juni 2013). Selain itu ajang promosi dunia usaha yang ada di Pekanbaru.

“Untuk UKM dan IKM diharapkan untuk ikut, dan kami sudah sampaikan kepada mereka. Kami akan fasilitasi, karena ini kesempatan yang bagus bagi mereka. Malahan, kabupaten dan kota di Riau juga sudah diundang, begitu juga kabupaten dan kota di provinsi tetangga, malahan sampai ke Jawa,” ungkap Elsyabrina.


About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *