Ekspansi Rute Penerbangan di Pekanbaru

13

Saat ini maskapai penerbangan saling bersaing melakukan ekspansi rute yang dianggap menguntungkan, salah satunya dengan melakukan ekspansi di kota Pekanbaru.

Hal ini disebabkan tingginya tingkat perekonomian kota bertuah dan juga secara geografis terletak di tengah Pulau Sumatera serta berdekatan dengan negara tetangga.

Sedangkan ekspansinya berupa pembukaan rute baru, persaingan di rute yang sudah ada dan juga rute lama yang dihidupkan kembali.

Pada Desember 2015 ini, Bandara kebanggaan kota bertuah, Sultan Syarif Kasim II (SSK II) International Airport kedatangan “tamu baru” sebanyak tiga maskapai, baik menerbangi rute domestik maupun internasional.

Kadiv Pelayanan dan Operasional Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Hasturman Yunus mengatakan bahwa dua diantaranya baru operasi di Pekanbaru seperti Jetstar dan Xpress Air. Sedangkan untuk rute baru ada penerbangan Pekanbaru-Jambi yang dilayani oleh Wings Air.

Jetstar

Pada rute Singapura-Pekanbaru telah lama dilayani Silk Air pergi pulang tiga kali sepekan, dan akan bersaing dengan Jetstar meskipun dengan hari berbeda dan pelayanan yang berbeda. Dimana Jetstar akan memulai terbang perdana pada kamis (10/12), dengan Pesawat Airbus 320 yang berkapasitas 180 kursi penumpang.

express-air-boeing-737-1024x683

Sedangkan Xpress Air akan menghidupkan rute yang dulu pernah dilalui maskapai Riau Airlines dan Sky Aviation, yaitu Pekanbaru-Palembang dan Pekanbaru-Tanjung Pinang yang akan terbang perdana pada Jum’at (18/12) dengan Pesawat dornier 328-100 yang berkapasitas 32 kursi penumpang.

Wings Air ATR 72 500

Selain itu rute baru adalah Pekanbaru-Jambi dilayani Wings Air dengan mengoperasikan pesawat ATR 72-500 berkapasitas 70 kursi penumpang.

Tidak perlu menunggu waktu lama, Lion Group melalui maskapai Wings Air, pada Rabu (9/12) akan terbang perdana  rute Jambi-Pekanbaru.

Penerbangan perdana diawali dari Pekanbaru menuju Jambi dengan jam terbang pukul 07.25 WIB dan kembali ke Pekanbaru pukul 18.00 WIB.

Hasturman menyebutkan “Beroperasi ketiga maskapai tersebut, berarti telah membawa dampak positif di semua sektor terutama telah memberi sumbangan bagi pertumbuhan ekonomi di Provinsi Riau”.

Berdasarkan Data Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II, terdapat 10 rute domestik telah dibuka seperti:

  1. Pekanbaru-Jakarta,
  2. Pekanbaru-Batam,
  3. Pekanbaru-Medan,
  4. Pekanbaru-Bandung,
  5. Pekanbaru-Yogyakarta,
  6. Pekanbaru-Surabaya,
  7. Pekanbaru-Pasir Pangaraian,
  8. Pekanbaru-Tembilahan,
  9. Pekanbaru-Dabo Singkep
  10. Pekanbaru-Tanjung Balai Karimun.

Ke-10 rute tersebut dilayani oleh delapan maskapai seperti Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Batik Air, Indonesia AirAsia, Sriwijaya Air, Nam Air dan perintis dilayani Susi Air.

Sementara rute penerbangan internasional terdapat tiga maskapai yang melayani yakni AirAsia dengan rute Kuala Lumpur-Pekanbaru pergi pulang setiap hari.

Malindo Air dengan rute Malaka-Pekanbaru pergi pulang setiap hari dan Silk Air rute Singapura-Pekanbaru tiga kali dalam sepekan.