Breaking News
Home » Berita » Dua Pesawat Rusia Bantu BNPB
MChS_Beriev_Be-200_waterbomber

Dua Pesawat Rusia Bantu BNPB


MChS_Beriev_Be-200_waterbomber
Beriev Be-200

Demi mengatasi kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di pulau Sumatera, Pemerintah Republik Indonesia mendatangkan 2 unit pesawat amfibi Beriev Be-200 beserta 20 personil kru pesawat dari Rusia.

Rencananya, pesawat tersebut akan mendarat‎ pada Rabu (21/10) di Palembang. Pesawat Be-200 sendiri merupakan pesawat amfibi untuk water boombing.

Dengan kapasitasnya yang sebesar 12.000 liter, pesawat Rusia tersebut mampu mengambil air di sungai, danau maupun di laut.

Indonesia sendiri pernah menggunakan pesawat Rusia ini untuk pemadaman kebakaran hutan dan lahan pada tahun 2007 yang lalu.

Sebelumnya, Senin (19/10), pesawat water boombing bantuan dari Malaysia dan Australia telah mengakhiri masa tugasnya dan kembali pulang ke negara asalnya.

Pesawat Bombardier dari Malaysia dan Hercules dari Australia tersebut mengakhiri masa tugasnya selama 5 hari dalam membantu memadamkan kebakaran lahan di Sumatera.

water-bombing
Helikopter Chinook Mustang

Dengan berakhirnya masa tugas kedua armada asing tersebut, maka praktis saat ini hanya ada helikopter Chinook Mustang yang masih beroperasi melakukan water boombing di Provinsi Sumsel.


About Said Zaki

hanya orang waras yang ngaku gila, karena tidak ada orang gila yang ngaku gila. yang ada orang gila ngaku waras, makanya jika ada orang ngaku waras, maka ia sudah gila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *