Mencuci Hidung 2x Sehari Yuk

7

hidung

Sebagai alat pernapasan tubuh manusia yang letaknya paling luar, mencuci hidung perlu dilakukan minimal dua kali sehari agar tidak tersumbat.

Pada hidung, terdapat bulu halus yang menjadi salah satu bentuk pertahanan tubuh terhadap benda asing. Di mana ia akan bergerak maju mundur sesuai tarikan napas dan menangkap partikel debu yang berusaha masuk.

Terutama ketika polusi udara tinggi, bulu hidung akan banyak menangkap kotoran. Meski dengan sendirinya lendir akan keluar untuk membuang kotoran, namun bila berlebih hidung akan tersumbat.

Nah bila demikian, disarankan untuk sering mencuci hidung minimal dua kali sehari. Gunakan cairan natrium chlorida (NaCL) dengan dibantu alat suntik untuk mencuci bulu-bulu hasil yang berada di bagian dalam hidung.

Caranya dengan menggunakan spet tanpa jarum, lalu tuangkan cairan NaCL ke wadah. Kemudian ambil sebanyak 10 cc untuk disemprotkan ke hidung. Buka mulut serta tahan napas.

Alasan penggunaan cairan NaCL adalah karena NaCL mirip dengan cairan pada tubuh. Sebaiknya cairan NaCL tersebut masuk dari lubang hidung sebelah kiri, kemudian keluar di lubang hidung sebelah kanan.