Cara Menyimpan Sayuran agar Tahan Lama - InfoPKU
Breaking News
Home » Kuliner » Cara Menyimpan Sayuran agar Tahan Lama

Cara Menyimpan Sayuran agar Tahan Lama


Menyimpan buah dan sayur menjadi kebiasaan para ibu agar memudahkan ibu dalam menyiapkan makanan. Selain menghemat waktu, menyimpan sayuran dan buah juga akan menghemat pengeluaran ibu, apalagi saat buah dan sayur sedang diskon.

Untuk menyimpan sayuran dan buah, ada cara yang tepat agar kualitas dan nutrisi buah dan sayur tetap terjaga. Berikut tips menyimpan buah dan sayur agar tahan lama dan tetap berkualitas:

Menjaga Tingkat Kelembapan
Sayur dan buah mengandung air, kandungan inilah yang harus selalu dijaga agar tahan lama dan tidak cepat membusuk. Ketika buah atau sayur dipanen, maka akan banyak air yang hilang akibat penguapan. Jagalah kandungan air tersebut dengan menyimpannya di dalam plastik yang dilubangi agar ia tetap masih bisa bernafas.

Jangan Simpan di Suhu yang Terlalu Tinggi atau Rendah
Suhu yang terlalu tinggi atau rendah akan membuat buah dan sayur tak tahan lama sehingga cepat membusuk. Apalagi anda menyimpan buah dan sayur di dalam pembeku (freezer). Buah dan sayur akan membeku, serta pada saat dikeluarkan dari freezer buah dan sayur akan mencair sehingga merusak bagian bagian tertentu dari buah tersebut.

Simpanlah dalam Keadaan Kering
Simpanlah buah dan sayur dalam keadaan yang kering. Jangan cuci sayuran sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Sayuran dan buah yang basah akan tidak tahan lama serta cepat rusak jika langsung disimpan di lemari es. Saran terbaik adalah dengan tidak mencuci sayuran sebelum masuk kulkas.

Bungkus dengan Menggunakan Kertas
Simpanlah sayuran dengan membungkusnya menggunakan kertas. Kertas mampu menyerap kelembapan yang berlebih sehingga sayuran tidak akan cepat membusuk. Jika ingin lebih kering, maka lapisi dengan tisu dapur di bagian bawah sayur lalu bungkus dengan kertas.

Ambil Sesuai Kebutuhan
Jika Encik dan Puan menyimpan semua sayuran di kulkas lalu ingin mengolahnya, maka cukup ambil seperlunya. Sebaiknya hindari sayuran yang keluar masuk kulkas agar tahan lama. Jika sayuran terlalu sering keluar masuk kulkas maka kualitasnya tidak baik lagi dan mudah busuk karena sering terpapar suhu yang berbeda-beda.

About julia

julia