Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Garam dan Jeruk Nipis - InfoPKU
Home » Kesehatan » Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Garam dan Jeruk Nipis

Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Garam dan Jeruk Nipis


Kerusakan gigi banyak sekali macamnya baik itu gigi kuning, gigi yang keropos, gigi yang berlubang, gigi yang sensitif serta gigi yang ber plak/ karang gigi. Mengenai kerusakan gigi, banyak diantara kita yang merasa heran mengapa sudah sikat gigi 2 kali sehari tapi karang gigi masih saja ada di permukaan gigi.

Hal tersebut diakibatkan dari makanan yang dikomsumsi tidak sehat, sering merokok, atau karena menyikat gigi yang kurang bersih, sehingga sisa makanan masih menempel di gigi dan dari waktu ke waktu tidak dibersihkan sehingga lama-kelamaan akan menumpuk dan membentuk karang gigi.

Dengan bercampurnya air liur dengan sisa makanan yang telah membusuk sehingga karang gigipun akan terbentuk menjadi keras atau sedimen. Penyakit yang ditimbulkan akibat adanya karang gigi pada permukaan gigi kita diantaranya adalah:

1. Bau mulut
Makanan yang menyangkut di gigi dan terjadi pembusukan sehingga akan mengeluarkan bau tak sedap di mulut. Bagaimanapun juga yang namanya makanan basi akan mengeluarkan bau yang tak sedap apalagi bila keberadaannya di dalam mulut, kebayang tidak baunya seperti apa ? Untuk itu Encik dan Puan wajib tau mengenai cara mencegah bau mulut agar nantinya hal buruk tersebut tidak terjadi pada diri anda.

2. Gigi Berlubang
Gigi berlubang besar diakibatkan oleh karang gigi yang menempel di gigi dan mengandung zat asam sehingga lama-kelamaan akan merusak email gigi karena terjadi pengeroposan gigi. Bila sudah terjadi pengeroposan pada gigi, kemungkinan gigi berlubangpun tidak bisa dihindari.

3. Peradangan Pada Gusi
Karang gigi yang dibiarkan menumpuk melekat pada gigi dan gusi mengakibatkan terjadinya infeksi sehingga gigi akan berdarah atau lebih parahnya lagi munculnya benjolan nanah pada gusi. Hal ini merupakan penyebab gusi bengkak pada gigi berlubang. Jika sudah terjadi penyakit seperti ini sebaiknya segera pergi ke dokter.

4. Periodontitis
Kerusakan jaringan lunak dan tulang penyangga gigi yang diakibatkan oleh infeksi gusi sehingga bakteri yang ada pada jaringan gusi akan masuk kedalam aliran darah dan akan menyerang organ tubuh seperti paru-paru dan jantung.

Terkait hal tersebut ada banyak cara untuk menghilangkannya, salah satunya dengan menggunakan bahan bahan rumah tangga yang dapat kita temukan dengan mudah di dapur yakni dengan menggunakan garam dan jeruk nipis.

Kenapa menggunakan garam dan jeruk nipis? Karena Vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis sangat berguna untuk memutihkan gigi dan menjaga kesehatan gigi. Jeruk nipis juga memiliki sifat pembersih alami yang berguna bagi kebersihan gigi. Sedangkan sodium yang terdapat pada garam memiliki manfaat untuk membersihkan plak/karang gigi.

Selain itu garam berkhasiat juga untuk meredakan sakit gigi dan bermanfaat untuk menghilangkan mau mulut. Jika kedua bahan tersebut dipadukan maka akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan gigi dan gusi.

Berikut ini beberapa cara menghilangkan karang gigi dengan menggunakan garam dan jeruk nipis:

Siapkan wadah sebagai tempat untuk memeras, kemudian peras jeruk nipis tersebut lalu ambil satu sendok makan garam dapur dan campurkan kedua bahan tersebut, aduk-aduk sampai tercampur kemudian gunakan campuran tersebut untuk menggosok gigi. Lakukan secara rutin dan teratur sehari 2 kali, maka karang gigi akan lepas dengan sendirinya.

About julia

julia