Cara Mengatur Uang untuk Anak Kos - InfoPKU
Breaking News
Home » Finansial » Cara Mengatur Uang untuk Anak Kos

Cara Mengatur Uang untuk Anak Kos


Menjadi anak kos adalah momen di mana anak akan belajar untuk mandiri, terutama mengatur uang untuk anak kos menjadi kesulitan yang biasanya sering dialami.

Hal tersebut dikarenakan biasanya ketika anak membutuhkan sesuatu, mereka akan langsung meminta kepada orang tua tanpa harus memikirkan biaya hidup, membagi kebutuhan kuliah, dan lain sebagainya.

Ibaratnya memulai diri menjadi lebih mandiri, karena dihadapkan pada mengatur segala hal dan memenuhi kebutuhan hidup sendiri. Namanya juga anak kos, mulai dari tempat tinggal, makan, hingga kebutuhan sehari-hari lainnya, harus juga bisa dipenuhi sendiri.

Nah, anak kos pasti bingung untuk mengelola keuangan kan? Simak solusi untuk mengatur uang untuk anak kos di bawah ini:

Buat Daftar Kebutuhan Bulanan

Rajinlah membuat daftar kebutuhan bulanan, karena setiap bulan akan berbeda kebutuhannya. Utnuk mengelola keuangan kamu harus tau apa saja kebutuhan yang paling dibutuhkan. Misalnya, membeli perlengkan kuliah, peralatan mandi, kebutuhan untuk makan dan lain sebagainya. Catat secara rinci agar memudahkan kamu untuk menghitung pengeluaran pokok.

Belanja Kebutuhan Sesuai Daftar Pengeluaran

Belanjalah untuk keperluan satu bulan, seperti sabun mandi, shampoo, buku tulis, pena, dan lain-lain. Sebaiknya belanja di pasar tradisional agar harga lebih miring atau kamu bisa mengunjungi pusat grosir agar barang yang kamu beli lebih murah. Tidak ada salah nya untuk mengajak beberapa teman belanja bersama agar mendapat harga lebih miring.

Jangan Lupa Menabung


Segera sisihkan sejumlah uang bulanan kamu sesaat setelah kiriman dari orang tua datang atau setelah uang gaji kamu turun. Alokasikan dana ini sebagai tabungan, sehingga kamu memiliki sejumlah simpanan yang bisa kamu gunakan di saat-saat kondisi keuangan sedang dalam keadaan darurat atau uang bulanan telat. Usahakan untuk tetap menabung walaupun hanya sebesar Rp 10.000.

Jangan Menunda Melakukan Pembayaran

Jangan pernah menunda untuk membayar apa yang telah menjadi kebutuhan seperti hal nya membayar kosan. Khilaf adalah alasan yang sangat bersahabat untuk anak kos yang belum membayarkan kewajibannya.

Masak Sendiri dan Bawa Bekal Makanan

Jangan malas memasak dan membawa bekal sendiri biar hemat. Hilangkan kebiasaan manja dan dilayani saat tinggal di indekos. Menjadi anak kos, semuanya serba sendiri agar kebutuhan terpenuhi, termasuk untuk makan. Jika di rumah, mungkin saat lapar tinggal makan karena makanan sudah tersedia di meja makan.

Jangan Malu Bawa Air Minum Sendiri

Biasakan diri untuk selalu membawa air minum sendiri, agar kamu tidak perlu selalu membelinya di luar. Biar air mineral terbilang cukup murah, tapi sejatinya ini bisa dihemat untuk keperluan lebih penting lainnya. Dari pada untuk membeli air mineral di supermarket sebaiknya membawa dan mengisi ulang sendiri akan lebih hemat dan kesehatan air lebih terjamin.

Jangan Malas Cuci Pakaian Sendiri

Cuci dan setrikalah bajumu setiap dua hari sekali, maka akan membuat pengeluaran kamu lebih hemat dibandingkan untuk  laundry yang memiliki harga sekitar Rp 6.000-Rp 7.000 per kilogram. Toh dengan mencuci baju sendiri sama saja dengan olahraga, bukan? Badan lebih sehat karena banyak bergerak.

About julia

julia