Cara Mengatasi Perut Buncit - InfoPKU
Breaking News
Home » Kesehatan » Cara Mengatasi Perut Buncit

Cara Mengatasi Perut Buncit


Memiliki postur tubuh yang ideal adalah hal yang didambakan oleh semua orang. Jika memiliki perut buncit, pasti rasanya sangat menyebalkan. Bukan hanya mengganggu penampilan, perut buncit menandakan adanya masalah kesehatan, seperti jantung, stroke, demensia, hingga depresi.

Tapi jangan langsung panik, ada banyak hal yang bisa Encik dan Puan lakukan untuk mengecilkan perut buncit agar terhidar dari penyakit dan tentu saja membuat penampilanmu semakin kece.

Batasi Konsumsi Gula
Dengan membatasi konsumsi gula, maka akan membatu penyerapan makanan dan tubuh akan menjadi lebih sehat, kelebihan gula juga tidaklah baik untuk tubuh. Meskipun menambah nikmat makanan/minuman yang kita konsumsi, gula mengandung fruktosa yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Bahkan, sebuah studi menemukan bahwa terdapat hubungan antara asupan gula tinggi dengan peningkatan lemak perut.

Batasi Konsumsi Karbohidrat
Studi menemukan bahwa ketika kita membatasi konsumsi dari karbohidrat, hal tersebut dapat menurunkan nafsu makan, menurunkan berat badan, juga menyeimbangkan lemak pada perut. Selain itu, konsumsi rendah karbohidrat juga dapat mencegah diabetes.

Perbanyak Konsumsi Protein
Apa itu protein? Protein (seperti daging, ikan, telur, susu atau kacang) adalah nutrisi yang sangat penting untuk mengendalikan berat badan. Terlalu banyak Asupan protein tinggi dapat meningkatkan pelepasan hormon yang dapat mengurangi nafsu makan dan menandakan bahwa kita sudah kenyang. Protein juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh serta mempertahankan massa otot selama penurunan berat badan.

Hindari Stres
Stres dapat memicu kelenjar adrenal untuk menghasilkan hormon stres kortisol. Tingkat kortisol yang sangat tinggi dapat meningkatkan nafsu makan dan mendorong penyimpanan lemak perut. Terlebih lagi, wanita yang sudah dari awal memiliki ukuran pinggang yang besar cenderung menghasilkan lebih banyak kortisol dalam respon terhadap stres. Peningkatan kortisol menambah peluang lemak menumpuk di sekitar bagian tengah tubuh. Maka dari itu, upaya mengecilkan perut buncit sebenarnya sederhana saja. Di samping menjaga pola makan, kita juga cukup melakukan hal-hal yang kita senangi untuk mengurangi stress (seperti nonton film, liburan, olahraga, dan lain-lain).

Latihan Aerobik
Latihan aerobik (kardio) dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh dan membakar kalori. Dan yang paling terpenting adalah seberapa banyak/rutin berolahraga. Sebuah studi menemukan wanita usia menopause kehilangan lebih banyak lemak dari semua daerah tubuh ketika melakukan latihan aerobik selama 300 menit per minggu dibandingkan dengan yang 150 menit per minggu.

Tidur yang Cukup
Tidur yang cukup akan membantu metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Studi menunjukkan bahwa kurang tidur cenderung memicu bertambahnya berat badan, termasuk lemak di perut. Oleh karena itu, salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk mengecilkan perut adalah dengan tidur yang cukup dan berkualitas.

About julia

julia