Cara Mengatasi Overheat Pada Smartphone - InfoPKU
Breaking News
Home » Teknologi » Cara Mengatasi Overheat Pada Smartphone

Cara Mengatasi Overheat Pada Smartphone


overheat-sony-xperia-z3

Smartphone jika kita gunakan terus-terusan tentunya akan menimbulkan panas berlebih. Panas berlebih pada perangkat pintar disebut dengan overheat.

Overheat dapat mengakibatkan perangkat pintar tiba-tiba nge-hang bahkan restart sendiri. Hal ini jika dibiarkan terus menerus, tentunya akan mengakibatkan perangkat pintar menjadi rusak.

Lantas bagaimana dong cara mengatasinya? Tenang, JackStore akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi overheat pada smartphone dan perangkat pintar lainnya.

Charger

Jangan gunakan perangkat pintar saat sedang di-charge, karena akan membuat perangkat pintar menjadi lebih panas. Gunakan selalu charger bawaan untuk menghindari terjadinya kelebihan daya listrik yang masuk pada saat di-charge.

Kerusakan fatal yang dapat ditimbulkan adalah port usb terbakar, bahkan bisa juga terjadi korsleting. Sehingga membuat komponen hardware menjadi rusak, sehingga perangkat pintar terpaksa harus di-service bahkan dilembiru.

Debu

Bersihkan perangkat pintar kita dari debu. Perangkat pintar yang berdebu dapat menyebabkan terjadinya overheating, karena lubang yang tersedia pada body telah tertutup debu, maka aliran panas tidak dapat keluar secara sempurna.

Cara membersihkannya cukup bersihkan debu yang menempel pada setiap bagian sampai bersih dengan menggunakan cotton buds.

Baterai

Baterai yang sudah gembung alias overcharged tentu tidak baik untuk digunakan. Ganti segera baterai yang telah gembung ini.

Dikhawatirkan baterai yang telah gembung ini akan bocor dan cairan kimianya merembes sehingga merusak komponen di dalam, bahkan yang terburuk baterai bisa meledak.

Jaringan

Kondisi jaringan yang tidak stabil mengakibatkan perangkat pintar menjadi panas, akibat modem pada perangkat pintar mencari jaringan yang stabil.

Untuk mengatasi overheat, matikan paket datanya jika berada pada kondisi yang tidak stabil, gunakan jaringan wi-fi serta istirahatkan perangkat pintar hingga suhunya turun.

Aplikasi

Penggunaan RAM yang penuh akibat banyaknya aplikasi yang di-install, dapat mengakibatkan kinerja perangkat pintar menjadi lebih ekstra.

Kinerja perangkat pintar yang berlebihan, mengakibatkan ponsel menjadi mudah cepat panas. Hapus aplikasi yang dirasa memberatkan kinerja dan dirasa tidak terlalu penting.

Penyimpanan

Jangan tempatkan perangkat pintar pada suhu yang terlalu panas, tempat yang lembab, atau jangan dalam suhu yang terlalu dingin.

Dengan menyimpan perangkat pintar anda di suhu yang baik, dapat menghindarkan perangkat pintar anda dari serangan overheating.

About Jack Store