Bus Hibah Kemenhub Tiba Februari

5
TMP
Bus TMP
TMP
Bus TMP

Setelah sebelumnya dikabarkan pada April mendatang Pemko Pekanbaru akan menerima 50 bus hibah dari Kementerian Perhubungan RI, Arfifin Harahap selaku Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishukominfo) Kota Pekanbaru mengatakan bahwa bus tersebut akan tiba di Pekanbaru pada bulan Februari mendatang.

Arifin mengatakan bahwa pihaknya akan ke Jakarta pada bulan Januari ini untuk menandatangani serah terima bus hibah tersebut. Seperti yang telah dilansir pekanbaru.go.id, Wali Kota Pekanbaru, DR Firdaus ST MT berencana agar 50 bus hibah tersebut akan beroperasi di Pekanbaru saja.

Dikatakan oleh Wako nantinya ke-50 unit bus tersebut dioperasikan melayani masyarakat dalam Kota Pekanbaru. Sedangkan mengenai koridor mana saja yang akan dilalui bus itu, Wako mengatakan akan dirundingkan lagi nanti.

Mengenai ke-50 unit bus hibah tersebut apakah akan digunakan untuk kerjasama Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan atau yang biasa disingkat dengan pekansikawan, Wako menuturkan tidak, karena Pekansiwan itu merupakan wewenang dari Plt Gubernur Riau.

Nantinya bus hibah tersebut akan ditempatkan pada koridor-koridor yang ruas badan jalannya lebar. Untuk mengelola bus tersebut, Wako sendiri berencana akan menyerahkannya pada Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan dan UPTD Dishub.

Karena berdasarkan peraturan pemerintah, yang berhak mengelola hanya BUMD atau BUMN. Sehingga nantinya pemda setempat tidak lagi dibebani operasional angkutan massal ini.

PD Pembangunan Pekanbaru sendiri telah mengelola 70 unit angkutan bus massal, serta telah melayani tujuh koridor utama di Kota Pekanbaru.