Besok, 6000 Siswa Pekanbaru Ikuti UNBK

0
110

Dari 15.342 siswa-siswi SMA sederajat yang akan melaksanakan Ujian Nasional (UN) besok (Senin, 4 April), sebanyak 6.000 an siswa-siswi melaksanakan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer).

Diungkapkan oleh Abdul Jamal, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Jumat (31/3) kemarin, hingga saat ini pihaknya telah memastikan kesiapan semua pihak yang terlibat, yakni para murid, guru pengawas, soal, peralatan komputer yang akan digunakan, hingga pasokan listrik.

Sebelumnya, para siswa yang akan mengikuti UNBK ini juga telah melakukan ujicoba dengan komputer masing-masing di sekolahnya.

Terlebih lagi pelaksanaan UNBK ini bukan pertama kalinya di Kota Pekanbaru, sebab pelaksanaannya telah dimulai sejak tahun lalu di mana SMA Negeri 8 menjadi pemuncak dalam perolehan nilai.

Sehingga, menurut Jamal, pihaknya kini sudah lebih berpengalaman karena telah memperbaiki dari kesalahan pelaksanaan tahun lalu. Selain itu, jumlah sekolah yang melaksanakan UNBK tahun ini juga meningkat dibandingkan tahun lalu.

Untuk pelaksanaan UNBK tahun ini diikuti oleh 25 sekolah, yang terdiri dari 8 SMA, 15 SMK dan 2 SMP baik sekolah negeri maupun swasta yang ada di Kota Pekanbaru.

Sementara itu untuk menghindari terjadinya pemadaman listrik, Jamal telah menyurati PLN agar tidak melakukan pemadaman saat ujian berlangsung.

PLN sendiri juga telah melakukan perbaikan pada gardu induk yang berada di Jalan Garuda Sakti untuk menghindari terjadinya pemadaman listrik saat ujian nasional menggunakan CBT (Computer Based Test) ini.

Diungkapkan oleh Jamal bahwa seluruh sekolah yang akan melaksanakan UNBK ini telah menyediakan genset, bahkan PLN juga telah meminjamkan beberapa genset miliknya kepada sekolah yang tidak memiliki genset.

Dengan adanya sistem berbasis komputer ini dapat memperkecil kebocoran soal seperti yang selama ini terjadi, karena menggunakan pin serta kode.

Selain itu pada aplikasinya sendiri juga dipasang password, oleh karena itu para siswa dapat membuka soal saja. Pelaksanaan Ujian Nasional untuk siswa SMA akan dilaksanakan pada tanggal 4 hingga 12 April, sedangkan untuk siswa SMK pelaksanaannya dimulai pada tanggal 4 sampai tanggal 7 April.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.