Bersihkan Usus Dengan Makan Ini

9

Usus merupakan organ tubuh bagian dalam yang selalu bekerja mencerna makanan tanpa henti, bahkan seringkali kita tidak memperhatikan kebersihannya.

Padahal sebagai organ tubuh yang bekerja tanpa henti, menjaga kebersihan organ usus sangatlah penting. Kebersihan organ yang memiliki panjang beberapa meter itu sangat berpengaruh terhadap kesehatan.

Memiliki usus yang bersih berarti memiliki sistem pencernaan dapat berjalan secara maksimal, karena dapat membantu menyerap nutrisi makanan dengan baik serta dapat mencegah berbagai masalah kesehatan.

Jika kita membiarkan kotoran menupuk pada usus, maka dapat menjadi penyebab munculnya penyakit di tubuh. Karena kotoran tersebut mengandung berbagai macam racun dan juga bibit penyakit.

Dengan mengkonsumsi makanan sehat berikut ini maka dapat membantu membersihkan kotoran pada usus:

Brokoli

brokoli

Selain dapat membersihkan usus, brokoli juga dapat membantu membersihkan organ hati. Konsumsi brokoli yang telah dikukus dengan rutin maka dapat memberikan manfaat yang ekstra maksimal.

Jus buah

jus

Bukan hanya brokoli saja, mengkonsumsi jus buah juga sangat efektif untuk membersihkan usus dan sistem pencernaan. Bahkan sangat besar manfaatnya untuk kesehatan, sehingga sangat dianjurkan tiap harinya untuk minum 1 hingga 2 gelas jus buah tanpa menambah susu ataupun gula.

Lemon

lemon

Air lemon juga sangat baik untuk membantu proses detoksifikasi usus, serta juga rendah kalori. Oleh sebab itu, konsumsilah segelas lemon untuk mendapatkan manfaat maksimalnya.

Bayam

sayur bayam

Bayam merupakan sayuran yang mengandung zat besi dan sangat baik dikonsumsi, terutama untuk membersihkan usus serta menyehatkan tubuh. Untuk mengkonsumsi bayam, lebih disarankan kondisi masih setengah matang atau mentah selagi lalapan.

Gandum utuh

gandum-utuh

Gandum sejak dulu dikenal memiliki serat yang baik, serta juga rendah akan kalori dan juga kolesterol. Serat sangat berperan dalam mengatasi berbagai gangguan pencernaan. Bahkan salah satu kandungan lainnya dalam gandum, yaitu prebiotik sangat baik untuk kesehatan saluran pencernaan.