#beritaRIAU Riau Raih Satu Emas di OSN SMP Nasional

3

Kontingen Riau pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP, yang dilaksanakan di Batam, 15-21 Mei lalu berhasil mendulang satu medali emas. Ditorehkan oleh pelajar SMP Kalam Kudus, Dean Fanggolans (13) dari bidang fisika.

Dengan total, satu emas, satu perak dan dua perunggu, Riau pada ajang tersebut hanya mampu berada di tempat ketujuh secara nasional. Perolehan ini sama seperti tahun sebelumnya. “Tahun lalu dengan total lima medali tanpa emas. Dan alhamdulillah sekarang dengan empat medali kita mampu meraih medali emas,” ujar Kepala Bidang SMP Disdik Riau Sri Petri Haryanti.

Kontingen OSN SMP Provinsi Riau yang tiba di Pekanbaru, Selasa (21/5) petang disambut dengan pengalungan bunga oleh pihak sekolah dan Disdik Riau serta Disdik Pekanbaru. Sebab, empat medali yang diraih berasal dari siswa-siswi Pekanbaru.

Petri menambahkan, ke depan akan melakukan evaluasi lagi untuk bidang lomba lainnya sehingga Riau dapat meraih posisi lima besar tingkat nasional tahun depan. Karena memang, saat OSN tingkat provinsi digelar, para siswa diberikan semacam pelatihan guna memantapkan persiapan.

‘’Evaluasi untuk bidang-bidang yang diikuti akan kita benahi terus. Sehingga kedepan ada perbaikan dan peningkatan prestasi,” kata Petri.

Sementara itu, Dean yang berhasil mengharumkan Riau dengan satu emas dari bidang fisika mengaku senang dan bangga. Karena semua materi soal dan praktek yang dipertandingkan jauh lebih mudah dibandingkan pada OSN tingkat nasional di Pontianak tahun sebelumnya.

‘’Katagori seperti mekanika, pengetahuan bunyi, listrik, suhu dan optik menjadi hal yang harus saya kuasai. Tentunya bangga,” sebut Dean.

Menurutnya, siswa dari Jateng dan Jatim merupakan lawan yang cukup berat. Namun melalui latihan dan belajar rutin, ia mampu menorehkan prestasi terbaik.

Medali lainnya untuk peroleh perak disumbangkan pelajar SMP Dharma Yudha untuk bidang matematika atas nama Hopein Christofen Tang. Sementara dua perunggu dari siswa SMP Dharma Yudha bidang Fisika atas nama Feby Eliana Tengry, dan pelajar SMP Cendana bidang Biologi Luqyana Mursyida Zahra. (Riau Pos)