Home » Berita » Berita Riau » #beritaRIAU Industri Manufaktur Riau Mulai Menggeliat

#beritaRIAU Industri Manufaktur Riau Mulai Menggeliat


Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan industri manufaktur besar dan sedang di Provinsi Riau mulai menggeliat pada triwulan I/2013, setelah sebelumnya sempat mengalami pertumbuhan negatif.

“Industri manufaktur besar dan sedang tumbuh positif 1,84 persen pada triwulan I/2013 terhadap triwulan sebelumnya, yang menunjukan adanya peningkatan dibandingkan triwulan IV/2012 karena menurun minus 0,21 persen,” kata Kepala BPS Riau Mawardi Arsyad di Pekanbaru, Kamis.

Ia mengatakan, kondisi industri manufaktur di Riau lebih baik dari keadaan nasional yang pada periode yang sama justru terjadi penurunan produksi sebesar 2,25 persen.

Ia menjelaskan, pertumbuhan industri manufaktur dipengaruhi oleh industri kayu, barang dari kayu dan gabus tapi tidak termasuk furnitur dan barang anyaman dari bambu, rotan dan sejenisnya yang tumbuh 6,50 persen.

“Diikuti oleh pertumbuhan jenis industri kertas dan barang dari kertas yang tumbuh sebesar 3,29 persen,” ujarnya.

Sedangkan, apabila dibandingkan dengan triwulan I/2012, produksi industri manufaktur Riau tumbuh sebesar 4,35 persen. Pertumbuhan juga dipengaruhi oleh produksi jenis industri kertas dan barang dari kertas yang naik 7,95 persen.

Kemudian diikuti oleh pertumbuhan jenis industri karet, barang dari karet dan plastik yang naik 5,63 persen.

Meski begitu, ia mengatakan pertumbuhan industri makanan masih mengalami kontraksi karena pada triwulan I/2013 mengalami pertumbuhan negatif 6,07 persen. Kondisi tersebut lebih buruk ketimbang triwulan IV/2012 yang pertumbuhan produksinya juga -0,45 persen.

Sumber : Antara Riau

“Jenis industri makanan merupakan satu-satunya jenis industri manufaktur yang mengalami penurunan,” ujarnya.


About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *