Breaking News
Home » Berita » Berita Riau » #beritaRIAU BPAD Luncurkan Riau Sejuta Buku

#beritaRIAU BPAD Luncurkan Riau Sejuta Buku


Riau Sejuk
Source from twitter: @jackjohn_

Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi (BPAD) Provinsi selenggarakan peluncuran Riau Sejuta Buku (Riau Sejuk). Kegiatan ini ditaja bersempena peringatan Hari Kebangitan Nasional, Hari Pendidikan Nasional, Hari Buku Nasional dan Hari Perpustakaan Nasional. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 20 sampai dengan 25 Mei 2013 dibuka oleh Gubernur Riau M Rusli Zainal, Senin (20/5) di Auditorium Wan Ghalib Perpustakaan Soeman HS, Pekanbaru.

Gubernur Riau Muhammad Rusli Zainal, pada kesempatan itu mengajak agar masyarakat gemar menulis, timbulkan terus minat baca bagi anak-anak, dewasa dan orang tua. Ia menambahkan; setiap Instansi baik pemerintah maupun swata hendaklah memberi dukungan dan membantu bagaimana karya tulis yang ada dapat diterbitkan dan dapat dibaca oleh publik, dengan menggandeng Ikatan Penerbit Riau. Jika hal tersebut terlaksana bukan tidak mungkin sejuta buku akan mudah dicapai bahkan akan bisa mencapai dua juta buku. Menurut Gubernur Riau sejuta dan dua juta buku itu akan bisa diwujudkan jika pimpinan institusi ini mampu bekerja dan berkoordinasi baik dengan dinas / badan di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau dan menggandeng pihak swasta. Ia masih ingat dengan program hibah sejuta buku yang telah dicanangkan beberapa waktu yang lalu. Kalau program ini digerakkan kembali Riau Sejuk ini akan mudah terrialisir. M Rusli Zainal menegaskan kembali kerja keras dan lakukan terobosan, Ia mencontohkan kalau buku buku terkait dengan soal perminyakan itu sudah ada Chevron Corner dilantai empat Perpustakaan Soeman HS ini, dan kedepan tentu kita minta pihak PT Chevron Pacific Indonesia Rumbai Pekanbaru untuk memberi perhatian dan tanggung jawabnya sebagai perusahaan yang bergerak di sektor perminyakan daerah daerah ini. Dan kalau buku buku masalah ekonomi tinggal kita melakukan koordinasi dengan Bank Indonesia yang ada di sebelah pustaka ini. Dan gubernur juga minta kepada Kepala Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Provinsi Riau untuk mengundang dan mengkoordinasikan baik dilingkungan pemerintah Provinsi Riau maupun pihak swasta, Ia siap jadi penggerak dan motivator untuk itu, ujar Rusli Zainal.

Sementara ituTokoh Masyarakat Riau Dr (HC) Tennas Effendi dalam sambutannya menghimbau, agar Ikatan Penerbit Riau mau mendatangi Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Riau untuk menjemput karya anak bangsa yang ada di kabupaten dan kota, jika hal itu terjadi tidak mustahil ratusan bahkan ribuan buku akan dapat di terbitkan dalam satu tahun.

Peluncuran Riau Sejuk ini juga di hadiri Ketua Ikatan Penerbit Indonesia Lusi Andam Dewi, pada saat itu ia memberikan dukungan dan apresiasi atas terselenggaranya Riau Sejuta Buku ini, ia merespon apa yang telah disampaikan oleh tokoh masyarakat Riau Tenas Effendi dan akan berupaya untuk itu. Dan Ia mengungkapkan; nilai baca bangsa Indonesia masih rendah katanya; Ia mencontohkan satu buku dibaca empat orang, seharusnya empat buku dibaca oleh satu orang.

Sementara itu Kepala Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Provinsi Riau Chairul Rizki mengatakan; kegiatan yang bertema ” Banyak Buku, banyak Ilmu ” ini akan berlangsung sejak 20 sampai dengan 25 Mei 2013 ini akan dilaksanakan Bazar Buku, International Robotic Show, Lomba mewarnai, lomba menggambar, Baca tulis Arab Melayu, Hafal Al-qur’an, Vocal Group, seminar dan Bedah buku. Semua aktivitas ini dipusatkan di Perpustakaan Soeman HS Jalan Jend.Sudirman No. 642 Pekanbaru. (Riau Terkini)


About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *