Home » Berita » Berita Pekanbaru » #beritaPKU Pekanbaru Segera Punya Pasar Ikan Higienis

#beritaPKU Pekanbaru Segera Punya Pasar Ikan Higienis


Kota Pekanbaru segera punya pasar ikan higienis seperti sudah ada di beberapa kota besar. Kawasan yang dikelola Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau ini terletak di Jalan Sudirman, belakang Van Hollano, bekas rumah potong hewan.

“Sekarang baru soft launching. Mungkin beberapa waktu ke depan baru diresmikan dan masyarakat bisa membeli ikan segar maupun olahan di sini,” ujar Ketua Harian Forikan (Forum Gemar Makan Ikan) Riau Rapendi Darwis, Selasa (30/4) usai kegiatan itu.

Hadir dalam soft launching dan sosialisasi gemar makan ikan itu Kepala Dinas Perikanan Provinsi Riau Prof Dr Irwan Efendi. Dalam kesempatan itu, Irwan hanya meresmikan dengan memegang gerobak dorong baso ikan yang menjadi bagian sosialisasi gemar makan ikan.

Di pasar ikan higienis ini sudah terdapat puluhan aquarium yang masih dalam kondisi kosong, sebuah ruangan luas, dan beberapa ruangan fasilitas lain. Menurut Rapendi, fasilitas yang tersedia di sini adalah restoran khusus ikan, display ikan segar, cold strorage, dan display ikan olahan. “Yang sudah pasti baru display ikan olahan. Sedangkan yang lainnya menyusul. Kita sedang lakukan pendekatan dengan pengusaha lokal untuk menggunakan fasilitas ini,” ujar Rapendi.

Rapendi menyebut, setelah soft launching ini, segera dilakukan pengisian barang yang bisa dijual. Ruang pendingin (cold strorage) pun sudah siap dengan kapasitas mencapai 12 ton. Selain ruang pendingin, fasilitas lain berupa restoran dan display juga siap diisi.

Regional Sales Manager (West) PT Mitra Nasional Kualitas, Moch Rusli MS mengatakan, pihaknya sudah siap untuk mengisi salah satu tempat di pasar ikan higienis ini, khususnya display ikan olahan. PT Mitra, ujar Rusli, khusus akan menjual ikan olahan. “Mulai Juni kita akan bisa beroperasi,” ujar Rusli.

Adapun produk yang akan dijual adalah produk yang berasal dari surimi, yakni ikan kecil yang digiling dan dijadikan pasta untuk bahan untuk baso, kaki naga, tempura, scallop, sisik naga, nugget. Selain itu juga sosis ikan yang masih dalam proses.

“Selain di sini, kami juga akan buka di pasar-pasar. Sejauh ini untuk Pekanbaru sudah ada di Giant,” ujarnya.

Dari kapasitas cold strorage sebanyak 12 ton, PT Mitra akan mengisi sekitar 4,5 ton produk olahan ikan. Selain untuk dijual di pasar ikan higienis ini, produk olahan ini juga akan dijual di beberapa pasar lain.

Dalam kesempatan itu, sosialisasi gemar makan ikan juga dilakukan dengan kegiatan mendongeng olek Kak Agus Bs dari Jakarta. Kak Agus mendongeng tentang ikan dan diikuti antusias oleh anak-anak TK dan SD. Ratusan anak usia dini ini sangat bersemangat mendengarkan dongeng Kak Agus hingga selesai.

Sumber : Riau Pos


About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *