Home » Berita » Berita Pekanbaru » #beritaPKU Hampir Semua Jalan di Pekanbaru Berlobang

#beritaPKU Hampir Semua Jalan di Pekanbaru Berlobang


Dari dulu tak pernah diperbaiki, Itulah ucapan warga di Jalan Manyar Sakti atau tepatnya di Jalan samping Pesantren Darel Hikmah menuju Kampus Universitas Riau, karena jalan menuju kampus ini sudah beberapa tahun terakhir tidak pernah di perbaiki oleh Pemerintah Kota Pekanbaru karena jalan itu merupakan milik Pemko.

Jalan yang tembus ke kampus UR itu asal datang hujan selalu banjir. Selain itu, kondisi jalan penuh lobang dan rusak parah. Hal ini disebabkan oleh minimnya perawatan baik itu drainase dan pemeliharaan jalan.

“Dari dulu mas jalannya rusak terus. Nggak pernah diperbaiki itu, padahal jalan ini rame sekali loh, karena jalan menuju kampus mahasiswa,”ujar Ningsih warga sekitar yang ditemui Tribun Rabu (1/5).

Menurut Ningsih, sudah banyak korban jatuh di Jalan Manyar Sakti tersebut karena kondisi jalan yang cukup parah rusaknya. Namun sampai saat ini belum ada niat baik pemerintah Kota untuk memperbaikinya. Padahal sudah dilakukan permohonan kepada Lurah setempat.

“Namanya jalan lintas mahasiswa, jadi banyak sekali yang lewat. Makanya banyak juga yang terjadi kecelakaan,”ujar Ningsih.

Pantauan Tribun, kondisi Jalan Manyar Sakti itu sudah sangat memprihatinkan, terutama saat hujan tiba, air setinggi lutut orang dewasa akan mengalir di badan jalan tersebut. Selain berlobang, di badan jalan ini juga penuh dengan genangan air karena tidak adanya pembuangan air yang jelas.

Tidak hanya di Jalan Manyar Sakti, di Jalan Kartama yang juga merupakan jalan milik Pemko bernasib sama, lobang menganga disana-sini terus terlihat, memang sesekali pihak pengelola jalan atau Dinas PU sering menempel namun tidak bertahan lama akhirnya rusak lagi.

“Ditempel dikit seminggu rusak lagi. Kayak gitu terus jalan Kartama ini, nggak pernah bagusnya,”ujar Azlaini tokoh masyarakat di Jalan Kartama kepada Tribun.

Penyebab jalan berlobang di Jalan Kartama ini juga disebabkan karena perawatan yang kurang bagus dan kondisi drainase yang tidak maksimal menampung air sehingga genangan air terus terjadi di Badan jalan.

“Kalau hujan datang, air selalu mengalir di Jalan ne bang, makanya cepat rusak, diperbaikinya cuma ditempel-tempel dikit saja tu,”ujar Ayu warga lainnya.

Kondisi jalan rusak milik Pemko Pekanbaru lainnya menurut pantauan Tribun terlihat dibeberapa titik jalan, seperti di Jalan Cempedak, Jalan Mahoni, Jalan Surabaya dan beberapa jalan dalam kota lainnya.

Di beberapa jalan yang berada di kawasan Tampan juga mengalami kerusakan seperti di Jalan Karya Baru, Kutilang, Balam dan beberapa jalan lainnya.

Begitu juga halnya di beberapa Jalan di kawasan Bukitraya seperti di kawasan Air dingin dan sejumlah jalan di kawasan Universitas Islam Riau.

Kerusakannya mulai dari berlobang hingga kebanjiran saat hujan datang. Ini semua disebabkan jeleknya sistem drainase jalan di dalam kota milik Pemko tersebut.

Sumber : Tribun Pekanbaru


About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *