Home » Berita » Berita Pekanbaru » #beritaPKU Disdukcapil Pekanbaru Tak Lagi Gelar Razia KTP

#beritaPKU Disdukcapil Pekanbaru Tak Lagi Gelar Razia KTP


Mulai tahun 2013, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru tidak akan melakukan razia KTP. Selain sudah tidak dianggarkan lagi program razia, mereka juga mengganggap penertipan tersebut bukan tugas, pokok dan fungsi Disdukcapil.

“Kita sekarang tidak lagi melakukan razia KTP. Mulai tahun ini kita todak menganggarkan dan memprogramkannya. Karena itu bukan Tupoksi kita,” tegas Sekretaris Disdukcapil Kota Pekanbaru Hermanto, Jumat (10/5/13) di kantornya.

Dijelaskannya, di akhir tahun 2012, kepala dinas telah mempelajarai program tersebut, dan ditetapkan bahwa razia KTP bukanlah Tupoksi dari Disdukcapil. Selanjutnya pada APBD 2013, pihaknya tidak memasukan program razia KTP ke dalam program Disdukcapil.

Hermanto menjelaskan bahwa razia sebenarnya adalah tugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) sebagai penegak jalanya Perda dan yang melakukan penertiban. Disdukcapil akan ikut berperan dalam razia jika Satpol PP memintanya untuk ikut serta.

Namun Hermanto mengakui, selama ini razia KTP dilakukan oleh Disdukcapil. Di tahun 2012 sendiri pihaknya telah melakukan razia KTP tidak kurang dari 12 kali.

“Sebenarnya yang memiliki tugas penegakan pertuaran atau Perda adalah Satpol PP. Kita hanya melakukan administrasi kependudukan,” jelasnya. “Karena razia itu adalah penegakan perda nomer 2 tahun 2012 tentang administrasi krpendudukan dan denda bagi yang tidak memiliki KTP Pekanbaru,” tambahnya. (Riau Terkini)


About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *