Pasar Bawah Pekanbaru, Pasar Wisatanya Pekanbaru

0
2115
Pasar Bawah Pekanbaru

Pasar Wisata Pasar Bawah Pekanbaru merupakan tempat yang sangat menarik untuk membeli oleh-oleh khas Pekanbaru. Terlebih lagi pasar bawah juga terkenal dengan barang-barang import-nya yang murah.

Tidak hanya itu, di Pasar Bawah Pekanbaru juga terdapat berbagai macam buah tangan yang dapat dibawa ke luar kota sebagai oleh-oleh. Ada banyak makanan seperti bolu kemojo, kacang pukul, dan juga batik khas Riau.

Sehingga tak salah jika ada yang menyebut Pasar Bawah merupakan surga belanja, karena para pengunjungnya tidak hanya berasal dari Kota Pekanbaru saja tapi juga hingga ke negeri jiran seperti Malaysia dan Singapura.

Bagi Encik dan Puan yang belum tahu, Pasar Bawah Pekanbaru berhasil menyabet juara pertama kategori Objek Wisata belanja terpopuler pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2017 lalu yang digelar oleh Kementerian Pariwisata lho.

Pasar Wisata Pasar Bawah Pekanbaru terletak di Jalan Ahmad Yani, Senapelan, dengan bangunan dan ornament khas Melayu.

Bangunannya berbentuk rumah tradisional Riau, Selaso Jatuh Kembar. Terdiri dari empat lantai, Pasar Bawah memiliki beberapa fasilitas seperti musallah, parkir, toilet, dan escalator untuk para pengunjung.

Gedung Pasar Wisata Bawah Pekanbaru
Penampakan gedung

Pasar wisata yang merupakan pasar tertua di Pekanbaru ini sangat mudah untuk dijangkau. Encik dan Puan bisa ke sana dengan menggunakan transportasi umum, taxi ataupun transportasi online yang kini sedang hits.

Nah, ada apa saja di Pasar Bawah Pekanbaru? Yuk simak penjelasannya di bawah ini:

Aneka Ikan Asin
Aneka Ikan Asin Pasar Bawah Pekanbaru
Di sini banyak dijual berbagai macam ikan asin

Berbelanja di Pasar Bawah dimulai dari lantai dasarnya, yang mana terdapat banyak jenis ikan asin dan ikan salai. Ikan salai Baung lah yang paling terkenal di sini. Ikan asin dan ikan salai ini sering dijadikan buah tangan oleh pengunjung yang datang ke sana.

Gantungan Kunci
Gantungan Kunci Pasar Bawah Pekanbaru
Aneka gantungan kunci yang dijual di sini

Selain terkenal dengan ikan asinnya, Pasar Bawah juga dikenal karena menjual beraneka aksesori negara lain seperti Singapura, Malaysia, hingga Perancis. Ada gantungan kunci, miniatur Menara Eiffel, bahkan miniatur pesawat terbang.

Perabotan Rumah Tangga
Perabotan Pasar Bawah Pekanbaru
Perabotan rumah tangga tersedia di sini

Di Pasar Bawah ini juga menjual aneka barang barang pecah belah. Jadi tak usah heran jika menjelang lebaran banyak pengunjung yang membeli aneka pernak-pernik pecah belah, mulai dari toples kue, hingga aneka piring yang cantik-cantik.

Kain Khas Melayu
Kain Melayu Pasar Bawah Pekanbaru
Berbagai kain khas Melayu tersedia di sini

Membeli kain khas Melayu, biasanya pedagang menjual kain sarung, kain set yaitu batik melayu dan polos, bisa dijadikan untuk bride maid, seragam kantor, untuk pesta dan sebagainya. Di sini menjual juga tanjak khas melayu.

Aneka Makanan
Makanan Pasar Bawah Pekanbaru
Aneka produk makanan di sini

Tidak ketinggalan makanan khas Melayu Riau yang sudah dikemas dengan epic, seperti bolu kemojo, dodol durian, lempuk durian, keripik nanas, dan lain-lain. Selain itu, Pasar Bawah juga dikenal dengan berbagai macam makanan import dari Malaysia dan Singapura, seperti aneka produk Milo.

Aneka Perabotan Rumah Tangga
Karpet Pasar Bawah Pekanbaru
Penjual karpet/permadani di sini

Nah kalau ini adalah favoritnya para ibu rumah tangga, ada berbagai macam jenis guci dari lokal maupun mancanegara hadir di sini. Encik dan Puan dapat memilih beragam guci yang berkualitas, serta harga yang bisa ditawar. Selain itu juga ada aneka karpet import dari Turki, Pakistan, hingga Iran. Serta beraneka hiasan dinding seperti tulisan kaligrafi dan lukisan dapat ditemui di sini.

Jadi kalau Encik dan Puan berkunjung ke Kota Pekanbaru, jangan sampai melewatkan keseruan berbelanja oleh-oleh di Pasar Bawah ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.