Benjolan di Belakang Telinga , Berbahayakah ? - InfoPKU
Home » Kesehatan » Benjolan di Belakang Telinga , Berbahayakah ?
benjolan di belakang telinga
benjolan di belakang telinga

Benjolan di Belakang Telinga , Berbahayakah ?


Benjolan di Belakang Telinga

Untuk Encik dan Puan Ketahui, daerah belakang telinga terdiri dari struktur kulit dan penunjang, kelenjar getah bening serta tulang mastoid. Adanya benjolan di belakang telinga dapat disebabkan oleh :

• Infeksi daerah mastoid (mastoiditis), biasa ditandai dengan gejala demam,nyeri telinga, penurunan kemampuan pendengaran, sakit kepala, bengkak dan kemerahan pada bagian belakang telinga, serta keluar cairan dari dalam telinga. Mastoiditis biasa diawali adanya infeksi telinga yang tidak dapat diatasi atau infeksi yang menyebar dan berlanjut ke daerah mastoid.

• Pembengkakan pada kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening adalah bagian sistem kekebalan tubuh, bertugas untuk melawan infeksi, membuang sel-sel yang telah mati, mendeteksi adanya sel-sel yang tidak normal (kanker). Kelenjar getah bening dapat membesar pada saat kondisi infeksi, keganasan, atau kondisi penyakit lainnya.

• Pada kondisi tubuh yang terserang oleh infeksi (bakteria, virus, jamur / parasit) kelenjar getah bening akan bekerja lebih keras untuk memproduksi antibodi lebih banyak guna melawan infeksi tersebut, sehingga menyebabkan terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening. Pembengkakan kelenjar getah bening daerah belakang telinga sering timbul jika ada infeksi di sekitar daerah telinga, mulut atau gigi. Biasanya menghilang dalam waktu beberapa hari atau apabila infeksi telah teratasi.

• Keganasan atau kanker pada daerah manapun pada tubuh dapat mengakibatkan pembengkakan kelenjar getah bening, dampak dari penjalaran sel-sel kanker dari organ asalnya, atau bisa juga pembesaran kelenjar getah bening tersebut merupakan dampak dari adanya sel-sel kanker di kelenjar tersebut.

• kondisi lainnya yang menyebabkan membengkaknya kelenjar getah bening seperti pada penyakit autoimun.

• Tumor, baik tumor pada daerah telinga, tumor pada kulit, tumor jaringan lunak atau daerah sekitarnya atau tumor tulang. Tumor dapat berupa jinak atau ganas. Tumor biasanya muncul perlahan, dan akan semakin membesar dalam jangka waktu lama, hal ini dapat terjadi pada orang-orang yang memiliki resiko lebih tinggi, seperti adanya riwayat keluarga dengan kanker, riwayat terkena paparan radiasi, dll.

• Kelainan kulit, seperti abses atau kista.

 

Oleh karena itu jika benjolan sudah lama muncul (sekitar 2 minggu lebih) dan tidak disertai oleh adanya infeksi atau gangguan lain pada telinga sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter, agar dapat terdeteksi dengan cepat penyebabnya. Dokter akan melakukan pengecekan riwayat penyakit yang lebih detail dan pemeriksaan fisik secara menyeluruh, serta pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan untuk menentukan diagnosis pasti, dan dapat segera ditangani.

About Fadli Dzil Ikram

saya adalah digital designer & programmer yang suka bereksperimen dengan hal-hal baru.