Apa itu Gerhana Bulan Total?
Home » Berita » Apa itu Gerhana Bulan Total?

Apa itu Gerhana Bulan Total?


gerhana bulan

Gerhana bulan adalah sebuah kondisi alam dimana sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Hal ini terjadi karena bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga menyebabkan sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi.

Padahal yang sebenarnya terjadi adalah pada saat peristiwa gerhana bulan, bulan seringkali masih dapat terlihat. Hal ini disebabkan karena masih adanya sinar matahari yang dibelokkan ke arah bulan oleh atmosfer bumi.

Kebanyakan dari sinar yang dibelokkan ini memiliki spektrum cahaya merah, sehingga pada saat gerhana bulan, bulan akan tampak berwarna gelap, bisa berwarna merah tembaga, jingga, maupun coklat.

Gerhana bulan sendiri dapat diamati dengan mata telanjang dan tidak berbahaya sama sekali. Pada saat gerhana bulan sedang berlangsung, umat Islam disunnahkan untuk melakukan shalat gerhana (shalat khusuf).

Gerhana bulan sendiri terbagi tiga, antara lain:

  • Gerhana bulan total
Pada gerhana ini, posisi matahari-bumi-bulan berada pada satu garis lurus. Sehingga menyebabkan bulan akan berada tepat  pada daerah umbra bumi, kemudian bulan akan terlihat gelap karena cahaya matahari masuk ke bulan dihalangi oleh bumi. Walaupun demikian, bulan tidak sepenuhnya gelap. Karena sebagian cahaya masih sampai ke permukaan bumi oleh refraksi atmofer Bumi. Refraksi atmosfer tersebutlah yang menyebabkan bulan nampak kemerahan saat puncak gerhana bulan total.
gerhana bulan total
  • Gerhana bulan sebagian
Gerhana bulan sebagian terjadi apabila sebagian Bulan berada di dalam umbra (sebagian lagi dalam penumbra). Pada gerhana ini, bumi tidak seluruhnya menghalangi bulan dari sinar matahari. Sementara itu sebagian permukaan bulan yang lain berada di daerah penumbra, jadi masih ada sebagian sinar Matahari yang sampai ke permukaan bulan.
gerhana-bulanseb
  • Gerhana bulan penumbra
Gerhana bulan penumbra ini terjadi apabila seluruh Bulan berada di dalam penumbra atau sebagian saja (ada bagian Bulan yang tidak mengalami gerhana). Pada gerhana ini, seluruh bagian bulan berada di bagian penumbra. Jadi bulan masih dapat terlihat dengan warna yang suram.

proses-terjadinya-gerhana-bulanppp

About Admin