Anak Putus Sekolah Didata Disdikbud Riau

0
701
ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

Sebanyak 61 anak putus sekolah di Kecamatan Rumbai dan 70 anak putus sekolah di Kecamatan Tampan telah dikumpulkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Riau.

Adapun tujuan dikumpulkannya anak putus sekolah mulai dari tingkat SMP dan SMA di SMA Olahraga Rumbai ini antara lain adalah untuk mendata serta mendengarkan langsung keluhan mereka.

Keluhan yang disampaikan mereka sendiri cukup beragam, mulai dari ketiadaan biaya, serta banyak faktor lainnya yang menyebabkan mereka akhirnya terpaksa meninggalkan bangku sekolah.

Namun ada juga diantaranya yang mengaku malas sekolah karena dipengaruhi faktor lingkungan. Dengan adanya keterangan ini, Disdikbud Riau diharapkan agar tak salah langkah nantinya.

Program bantuan yang ditawarkan Disdikbud Riau dalam membantu anak putus sekolah tersebut adalah dengan melanjutkan pendidikan paket A, B dan C.

Karena diantara mereka tentu tidak semua bersedia melanjutkan pendidikan paket yang ditawarkan, Kadisdikbud Provinsi Riau,  Kamsol, memberikan solusi berupa keterampilan sesuai dengan hobi dan bakat mereka.

Mengenai pendanaannya sendiri, selain akan dialokasikan dalam APBD, paket pendidikan dan keterampilan tersebut juga dalam bentuk program orang tua asuh yang bersumber dari pihak swasta.

Kamsol sendiri mengatakan bahwa gerakan orang tua asuh ini dimaksudkan sebagai bentuk kepedulian masyarakat terhadap masyarakat yang kurang mampu terhadap sesamanya.

Untuk diketahui bahwa angka anak putus sekolah di Riau cukup besar, tingkat SMA/SMK mencapai 153 ribu, tingkat SMP 80 ribu, sedangkan SD 50 ribu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.